Perbandingan Hasil Belajar Menggunakan Model ST dan TC dengan Memperhatikan Kecerdasan
Abstract
The purpose of this research was to know the difference of learning result, the interaction of using cooperative learning model of Snowball Throwing and Talking Chips with attention to students' intelligence. The research method used in this research was quasi experiment with comparative approach. The data collected through the test of learning outcomes and analyzed by Two Way Anova analysis and t test statistics average (mean). Based on the data analysis obtained the result that there are differences in learning outcomes and interaction used of cooperative learning model type Snowball Throwing and Talking Chips with attention Students' intelligent.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar, interaksi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dan Talking Chips dengan memperhatikan kecerdasan siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Data yang terkumpul melalui tes hasil belajar dan dianalisis dengan analisis Two Way Anova dan statistik t uji beda rata-rata (mean). Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa ada perbedaan hasil belajar dan interaksi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dan Talking Chips dengan memperhatikan kecerdasan siswa.
Kata Kunci: kecerdasan, hasil, tc, snowballthrowing
Full Text:
PDFReferences
Abdul Haris. 2013. Evaluasi Pembelajaran, Yogyakarta: Multi Pressindo.
Budiningsih. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Mudjiono. 2006. Belajar dan pemebelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Ngalim Purwanto. 2006. Psikologi Pendidikan. Bandung : PT. Remaja.
Sampurno. 2010. Manajemen Stratejik : Menciptakan Keunggulan Bersaing yang Berkelanjutan, Yogyakarta : Gajah Mada University Press.
Sugiyono. 2008. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F13232
Refbacks
- There are currently no refbacks.