Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Motivasi Kerja Terhadap Loyalitas dengan Mempertimbangkan Kepuasan Pada Koperasi POPT Gadingrejo

Anggun Widyawati, Nurdin Nurdin, Tedi Rusman

Abstract


The purpose of this study were to determine the effect of service quality and employee motivation, to the satisfaction of members by taking into loyalty. Sampling used descriptive method verification with ex post facto approach and survey. A sampling technique that accidental sampling used the formula of Roscoe obtained a sample of 62 respondents. Data were collected through question naires processed by linear regression analysis, multiple regression analysis and path analysis. Based on the result that there is the influence of service quality and employee motivation, to the satisfaction of members with expensive loyalty POPT cooperative and agricultural laboratory.


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan motivasi kerja karyawan, terhadap kepuasan anggota dengan mempertimbangkan loyalitas koperasi POPT dan laboratorium pertanian Wates Kecamatan Gadingrejo. Pengambilan sampel menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan expost facto dan survey. Teknik pengambilan sampel yaitu accidental sampling dengan menggunakan rumus dari Roscoe didapat sampel sebanyak 62 responden. Data yang terkumpul melalui angket diolah dengan analisis regresi linier, analisis regresi multiple dan analisis jalur. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa ada pengaruh kualitas pelayanan dan motivasi kerja karyawan, terhadap kepuasan anggota dengan mempertimbangkan loyalitas pada koperasi POPT dan laboratorium pertanian.

Kata kunci: kepuasan, kualitas pelayanan, loyalitas, motivasi kerja

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi.2006. Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Balogiu, Seyhmus. 2002. Dimensions of Loyality Separating Friends From Well Wishers. Cornell Hotel And Restaurant Administration Quarterly 2002

Hasibuan, Malayu. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara

Kotler , philip dan kevin lane keller. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Prenhallindo

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfa Beta

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif. Bandung: Alfa Beta

Sugiyono . 2010.Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfa Beta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif. Bandung: Alfa Beta




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F13117

Refbacks

  • There are currently no refbacks.