Perbandingan Soft Skill Menggunakan Model CIRC dan Jigsaw II Memperhatikan Konsep Diri
Abstract
The purpose of this research were to know the difference of soft skill and interaction between CIRC and JIGSAW II learning model. The method used quasi experimental method. The research was conducted at SMP Negeri 1 Belitang Madang Raya. The population was VIII grader students of 10 classes with the number of 289 students. From cluster random sampling technique obtained class VIII8 and VIII10 as sample. Hypothesis testing used two way street variance analysis formula and two independent sample t-test. Based on data analysis obtained: 1.There are differences in soft skills of students using CIRC compared with Jigsaw II, 2. Soft skill students who have positive self-concept using CIRC is higher than Jigsaw II, 3. Soft skill students who have self-concept Negatives using Jigsaw II is higher than CIRC, 4. There is an interaction between the learning model and the self-concept of soft skill.
Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan soft skill dan interaksi antara model pembelajaran CIRC dan JIGSAW II. Metode yang digunakan metode eksperimen semu komparatif. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Belitang Madang Raya. Populasi yang diteliti siswa kelas VIII sebanyak 10 kelas dengan jumlah 289 siswa. Dari teknik cluster random sampling diperoleh kelas VIII8dan VIII10sebagai sampel. Pengujian hipotesis menggunakan rumus analisis varian dua jalan dan t-test dua sampel independen. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil: 1. Terdapat perbedaan soft skill siswa yang pembelajarannya menggunakan CIRC dibandingkan dengan Jigsaw II, 2. Soft skill siswa yang memiliki konsep diri positif yang menggunakan CIRC lebih tinggi dibandingkan dengan Jigsaw II, 3. Soft skill siswa yang memiliki konsep diri negatif yang menggunakan Jigsaw II lebih tinggi dibandingkan dengan CIRC, 4. Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan konsep diri terhadap soft skill.
Kata kunci: CIRC, JIGSAW II, konsep diri, soft skill
Full Text:
PDFReferences
Elfindri dkk. 2011. Soft Skills untuk Pendidik. Jakarta: Baduose Media.
Huda, Miftahul. 2015. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Narti, Sri. 2014.Model Bimbingan Kelompok Berbasis Ajaran Agama Islam Untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa.Jakarta:Pustaka Belajar Offset.
Slameto.2015.Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya.Jakarta: Rineka Cipta.
Slavin,Robert E.2010.Cooperative Learning (Teori, Riset, dan Praktik). Bandung: Nusa Media.
Stoltz, PG.2010.Adversity Quotoient, Mengubah Hambatan Menjadi Peluang.Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Sugiyono.2010.Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sukardi.2009.Metode Penelitian Pendidikan.Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Suprijono, A.2011.Cooperative Learning.Surabaya: Pustaka Pelajar.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F13094
Refbacks
- There are currently no refbacks.