Sikap Berwirausahan Model Scaffolding dan Problem Based Learning Memperhatikan Kecerdasan Adversitas
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan sikap berwirausaha, interaksi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Scaffolding dan Problem Based Learning dengan mempertimbangkan kecerdasan adversitas. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Desain penelitian yang digunakan desain trheatment by level. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 9 kelas dengan jumlah 273 siswa dan sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas dengan jumlah 72 siswa yang ditentukan melalui cluster random sampling. Teknik pengumpulan data melalui angket. Pengujian hipotesis menggunakan analisis varians dua jalan dan t-tes dua sampel independen. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa ada perbedaan sikap berwirausaha dan terdapat interaksi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Scaffolding dan Problem Based Learning dengan memperhatikan kecerdasan adversitas.
Kata kunci: kecerdasan adversitas, PBL, scaffolding, sikap berwirausaha
Full Text:
PDFReferences
Adinegara. 2010. Vygotskian Perspective: Proses Scaffolding untuk Mencapai Zone of Proximal Development (ZPD). Tersedia :http://blog.unnes.ac.id/adinegara/2010/03/04/vygotskian-perspective-proses-scaffolding-untuk-mencapai-zone-of-proximal-development-zpd/. (Diakses 22 September 2016).
Koentjaraningrat. (2001). Manusia dan Kebudayaan Indonesia. Jakarta: Djambatan.
Makmun, Abin Syamsudin. (2003). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Rosda Karya Remaja.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia (PPRI) No. 11 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan Pasal 26 Ayat 3.
Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Stoltz, G.Paul. (2000). Adversity Quotient. Jakarta: Grasindo.
Sudrajat, Akhmad. 2008. Konsep Kewirausahaan dan Pendidikan Kewirausahaan di Sekolah. http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2011/06/29/konsep-kewirausahaan- dan-pendidikan-kewirausahaan/. (Diakses tanggal 16 Desember 2016)
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F12982
Refbacks
- There are currently no refbacks.