Sikap Berwirausahan Model Scaffolding dan Problem Based Learning Memperhatikan Kecerdasan Adversitas

Ririn Apriani, Pujiati Pujiati, Tedi Rusman

Abstract


The purpose of this research was to find out the difference of attitude of entrepreneurship, the interaction of the use of cooperative learning model of Scaffolding and Problem Based Learning type by considering the adversity quotient. The method used in this research was quasi experiment.The methodology that was used in this research was quasi experiment with comparative approach. The study design used trheatment by level design. The population in this study were 9 classes with 273 student and the samples used by 2 classes with 72 students was determined through random cluster sampling. Data collection technique used test. Hypothesis testing using two-way analysis of variance and t-test of two independent sampels. Based on analysis of the data, it obtained the result that there is a difference in attitude of entrepreneurship and the interaction of the use of cooperative learning model of Scaffolding and Problem Based Learning type by considering the adversity quotient.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan sikap berwirausaha, interaksi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Scaffolding dan Problem Based Learning dengan mempertimbangkan kecerdasan adversitas. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Desain penelitian yang digunakan desain trheatment by level. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 9 kelas dengan jumlah 273 siswa dan sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas dengan jumlah 72 siswa yang ditentukan melalui cluster random sampling. Teknik pengumpulan data melalui angket. Pengujian hipotesis menggunakan analisis varians dua jalan dan t-tes dua sampel independen. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa ada perbedaan sikap berwirausaha dan terdapat interaksi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Scaffolding dan Problem Based Learning dengan memperhatikan kecerdasan adversitas.

Kata kunci: kecerdasan adversitas, PBL, scaffolding, sikap berwirausaha


Full Text:

PDF

References


Adinegara. 2010. Vygotskian Perspective: Proses Scaffolding untuk Mencapai Zone of Proximal Development (ZPD). Tersedia :http://blog.unnes.ac.id/adinegara/2010/03/04/vygotskian-perspective-proses-scaffolding-untuk-mencapai-zone-of-proximal-development-zpd/. (Diakses 22 September 2016).

Koentjaraningrat. (2001). Manusia dan Kebudayaan Indonesia. Jakarta: Djambatan.

Makmun, Abin Syamsudin. (2003). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Rosda Karya Remaja.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia (PPRI) No. 11 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan Pasal 26 Ayat 3.

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Stoltz, G.Paul. (2000). Adversity Quotient. Jakarta: Grasindo.

Sudrajat, Akhmad. 2008. Konsep Kewirausahaan dan Pendidikan Kewirausahaan di Sekolah. http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2011/06/29/konsep-kewirausahaan- dan-pendidikan-kewirausahaan/. (Diakses tanggal 16 Desember 2016)




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F12982

Refbacks

  • There are currently no refbacks.