Hasil Belajar Model PBL dan SAVI dengan Memperhatikan Kecerdasan Adversitas

Juni Triyana, Pujiati Pujiati, Rahmah Dianti Putri

Abstract


The purpose of this research was to find out the difference of learning outcomes, the interaction of the use of cooperative learning model of PBL and SAVI type by considering the adversity quotient. The research method used in this research was quasi experiment with comparative approach. Data collection through test and analyzed by t-test and ANOVA using SPSS program. This research was conducted in SMAN 14 Bandar Lampung with the population were 3 classes and the sample was 2 classes (X IPS 2 and X IPS 3) which were specified by using cluster random sampling. The result of data analysis show F count > F table or 4,857 > 4,210 mean there was difference of learning result using PBL and SAVI model and F count > F table or 58,586 > 4,210 mean there was interaction of learning model with attention to adversity quotient.

Tujuan penelitian iniuntuk mengetahui perbedaan hasil belajar, interaksi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe PBL dan SAVIdengan memperhatikan kecerdasan adversitas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Pengumpulan data melalui tes dan dianalisis dengan rumus t-test dan ANAVA menggunakan program SPSS. Penelitian ini dilakukan di SMAN 14 Bandar Lampung dengan populasi sebanyak 3 kelas dan sampel 2 kelas (X IPS 2 dan X IPS 3) yang ditentukan melalui Cluster Random Sampling. Hasil analisis data menunjukan F hitung > F tabel atau 4,857 > 4,210 berarti ada perbedaan hasil pembelajaran menggunakan model PBL dan SAVI dan F hitung > F tabel atau 58,586 > 4,210 berarti terdapat interaksi model pembelajaran dengan memperhatikan kecerdasan adversitas.

Kata kunci: hasil belajar, kecerdasan adversitas, PBL, SAVI


Full Text:

PDF

References


Aristiawan, Deris. 2016. Studi Perbandingan Hasil Belajar Mata PelajaranEkonomi Melalui Model Pembelajaran Tipe SAVI dan Scaffolding Dengan Memperhatikan Cara Berfikir Divergen dan Konvergen Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 12 Bandar Lampung. (Skripsi): Universitas Lampung

Djamarah, Syaiful Bahri. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

_____. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Khairiah, Miftahul. 2015. Studi Perbandingan Hasil Belajar IPS Terpadu Siswadengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA N 1 Gadingrejo. (Skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Majid, Abdul. 2014. Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Interes Media.

Ngalimun. 2012. Model Pembelajaran SAVI. Yogyakarta: Cipta Warna.

Ningrum, Herlina Oktavia. 2016. Studi Perbandingan Hasil Belajar Kewirausahaan antara Siswa Yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Problem Based Learning dan Tipe Group Investigation dengan Memperhatikan Motivasi Berprestasi pada Siswa Kelas XI SMK Persada Bandar Lampung. (Skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Puspita, Meli. 2015. Studi Perbandingan Hasil Belajar IPS Terpadu melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write dan Numbered Head Together dengan Memperhatikan Kecerdasan Adversitas Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kasui. (Skripsi): Universitas Lampung.

Slameto. 2003. Belajar & Faktor faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Stoltz, G. Paul. 2000. Adversity Quotient. Jakarta: Grasindo.

______. 2004. Adversity Quotient. Jakarta: PT. Gramedia.

Sukardi. 2003. Metodelogi Penelitian Pendidikan . jakarta: Bumi Aksara.

Winataputra, Udin. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F12954

Refbacks

  • There are currently no refbacks.