Efektivitas Model Moral Reasoning dan Simulasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Memperhatikan EQ
Abstract
The purpose of this research to know the effectiveness of model moral reasoning and simulation to increase the social skills see intelligence emotional (EQ). The method used quasi-experimental method with a comparative approach. The study design used treatment by level design. This research held at SMP Negeri 19 Bandar Lampung. Population in this study as many as 11 classes by the number of 359 students and sample used 2 grade to the number of 59 students who is determined through clusters random sampling. Data collection technique used observation and poll. Data analysis using formulas analysis variant the two and ttest two sample independent. Based on analysis of the data is collected the result that there is a difference in the social skills and interaction the use of learning model cooperative type moral reasoning and models simulations with see keceerdasan emotional (EQ)
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model Moral Reasoning dan simulasi untuk meningkatkan keterampilan sosial memperhatikan kecerdasan emosional (EQ). Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Desain penelitian menggunakan treatment by level. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 19 Bandar Lampung. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 11 kelas dengan jumlah 359 siswa dan sampel yang digunakan 2 kelas dengan jumlah 59 siswa yang ditentukan melalui cluster random sampling. Teknik pengumpulan data melalui lembar observasi dan angket. Analisis data menggunakan rumus analisis varian dua jalan dan t-test dua dua sampel independen. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa ada perbedaan keterampilan sosial dan interaksi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Moral Reasoning dan model Simulasi dengan memperhatikan kecerdasan emosional (EQ).
Kata kunci: EQ, Keterampilan Sosial, Moral Reasoning, Simulasi
Full Text:
PDFReferences
Huda, Miftahul. 2013. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Terapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Satiadarma P, Monty dan Waruwu E, Fidelis. 2003. Mendidik Kecerdasan (Pedoman Bagi Orang Tua dan Guru Dalam Mendidik Anak Cerdas). Jakarta: Pustaka Populer Obor.
Sani, Ridwan Abdullah. 2013. Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksa: Jakarta
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu: Dalam Teori dan Praktek. Prestasi Pustaka Publisher. Jakarta.
Zakaria,T. R. 2000. Pendekatan pendekatan pendidikan nilai dan implementasi dalam pendidikan budi pekerti. http://www.pdk.go.id./jurnal26/htm. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Diambil pada tanggal 09 Oktober2016.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F12897
Refbacks
- There are currently no refbacks.