Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Anggota Koperasi SUTRAWA Bandar Lampung
Abstract
The purpose of this research was to find out the positive influence of quality service dimension on member satisfaction at SUTRAWA Cooperative Bandar Lampung. The population of this research was the member of SUTRAWA Cooperative Bandar Lampung. The technique of sample taking is problability sampling was using slovin formula which gets 85 members. The method of this research is descriptive verificative by using expost faacto and survey. The result of this research showed that there is a positive influence from quality service on member satisfaction at SUTRAWA Cooperative Bandar Lampung. Based on the data analysis, it gets Fcount 563,585 >Ftabel 2,365 which was shown. Regresion linier multiple with determination coefficient (r2) 0,976 which means that member satisfaction is influenced by physic evidence variable (tangibles), reliability, responsiveness, assurance, and empathy that is 97,6 % , the rest 2,4 % which is influenced by another factor.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan anggota pada koperasi SUTRAWA Bandar Lampung. Populasi pada penelitian ini adalah anggota koperasi SUTRAWA Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel yaitu problability sampling dengan menggunakan rumus Slovin sebanyak 70 konsumen. Metode yang digunakan adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan expost facto dan survey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan anggota pada koperasi SUTRAWA Bandar Lampung. Berdasarkan analisis data diperoleh Fhitung563,585 >Ftabel2,365 yang ditunjukkan dengan regresi linier multiple dengan koefisien determinasi (r2) 0,976 yang berarti kepuasan Anggota dipengaruhi oleh variabel Bukti Fisik, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan, dan Empati, sebesar 97,6%, sisanya sebesar 2,4% dipengaruhi oleh faktof lain.
Kata kunci: bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati kepuasan
anggota
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Sitio. 2001. Koperasi: Teori dan Praktik. Jakarta : Erlangga.
Kotler, Philip. 2004. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol. Edisi Sebelas. Jakarta: Penerbit PT. Prehalindo.
Lupiyoadi, Rambat. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa : Berbasis Kompetensi. (Edisi III). Jakarta : Salemba Empat.
Rangkuti,Freddy. 2003. Measuring Customer Satisfaction (cetakan kedua). Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Subagyo, Ahmad. 2010. Marketing In Business Studi Kasus UMK & LKM (Usaha Mikro Kecil & Pertama). Jakarta : Mitra Wacana Media.
Sugiono. 2007. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : ALFABETA.
Sugiono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : ALFABETA.
Tjiptono, Fandi dan Greogorius Chandra. 2005. Service, Quality, and Satisfaction. Yogyakarta : Andi.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F12860
Refbacks
- There are currently no refbacks.