PENGARUH PERPUSTAKAAN, MINAT BACA, KEMANDIRIAN DAN LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR
Abstract
The purpose of this research was to know influence the effect of library use in schools, reading interest, learning independence and learning environment on learning outcomes. The method used in this research is descriptive verification research with ex post facto approach and survey. The population in this study were 6 classes with 186 students and the sample used by 127 students is determined by simple random sampling using Taro Yamane formula. Data collection techniques through questionnaires and interviews. Testing the first, second, third and fourth hypotheses using simple linear regression and testing the fifth hypothesis using multiple linear regression. Based on analysis of the data, it is found that there is influence of library utilization in school, reading interest, learning independence and learning environment to learning result.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan perpustakaan di sekolah, minat baca, kemandirian belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 6 kelas dengan jumlah 186 siswa dan sampel yang digunakan sebanyak 127 siswa ditentukan melalui simple random sampling dengan menggunakan rumus Taro Yamane. Teknik pengumpulan data melalui angket dan wawancara. Pengujian hipotesis pertama, kedua, ketiga dan keempat menggunakan regresi linier sederhana dan pengujian hipotesis kelima menggunakan regresi linier multiple. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa ada pengaruh pemanfaatan perpustakaan di sekolah, minat baca, kemandirian belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar.
Kata kunci: hasil belajar, kemandirian, lingkungan, baca, perpustakaan
Full Text:
PDFReferences
Dalyono. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Darmono. 2001. Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: PT. Grasindo.
Djaali. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Familia, Pustaka. 2006. Membuat Prioritas, Melatih Anak Mandiri. Penerbit Kanisius. Yogyakarta.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 66 Tahun 2013. Tentang Standar Penilaian Pendidikan.
Purwanto, M.Ngalim, MP.2004. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosda Karya.
Rahmi, Farida, 2007. Pengajaran Membaca di Sekolah. Bumi Aksara, Jakarta.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor Faktor yang Mempengaruhinya. PT Rineka Cipta. Jakarta.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Suryosubroto, B. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sutarno NS. 2006. Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: CV. Sagung Seto.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F12762
Refbacks
- There are currently no refbacks.