Pemahaman Model Resitasi dan Teams Games Tournament Memperhatikan Kecerdasan Adversitas
Abstract
Tujuan penelitian iniuntuk mengetahui perbedaan hasil belajar, interaksi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Resitasi dan Teams Games Tournament (TGT) dengan memperhatikan kecerdasan adversitas (AQ). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif.Metode eksperimen dibedakan menjadi dua, yaitu eksperimen murni (True Eksperimen) dan eksperimen semu (Quasi Eksperimen).Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi eksperimen).Pengumpulan data dilakukan tes. Data yang terkumpul melalui tes hasil belajar diolah dengan rumus t-test dan ANAVA.Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa ada perbedaan hasil belajar dan interaksi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Resitasi dan Teams Games Tournament (TGT) dengan memperhatikan kecerdasan adversitas (AQ).
Kata kunci: AQ,Pemahaman, Resitasi, Teams Games Tournament
Full Text:
PDFReferences
Fajri dan Senja. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Difa Publiser. Jakarta.
http://ian43.wordpress.com/2010/12/17/pengertian-pemahaman/).
Oganda, Putra. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Terhadap Hasil Belajar
Rusman. 2012. Model model Pembelajaran Pengembangan Profesionalisme Guru. Bandung: PT. Mulia Mandiri Pers.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor- faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif da R & D). Bandung: Alfabeta.
Usman, Nurdin. 2002. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Stoltz, G. Paul. 2000. Adversity Quotient. Jakarta: Grasindo
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F12709
Refbacks
- There are currently no refbacks.