Hasil Belajar Model Student Facilitator And Explaining (SFAE) Dan Think Pair And Share (TPS) Mempertimbangkan Kecerdasan Emosional (EQ)
Abstract
The purpose of this research was to find out the difference of learning outcomes, the interaction of the use of cooperative learning model of Student Facilitator and Explaining (SFAE) and Think Pair and Share (TPS) type by considering the emotional quotient (EQ). Research methodology used in this research was experiment research with comparative approach. The experimental methods were divided into two, which were true experiment and quasi experiment. The methodology that was used in this research was quasi experiment. Data collection was done by using test. The data which were collected by test of learning outcomes were analyzed by using SPSS program. Based on analysis of the data, it obtained the result that there is a difference in learning outcomes and the interaction of the use of cooperative learning model of Student Facilitator and Explaining (SFAE) and Think Pair and Share (TPS) type by considering the emotional quotient (EQ).
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar, interaksi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFAE) dan Think Pair and Share (TPS) dengan memperhatikan kecerdasan emosional (EQ). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif. Metode eksperimen dibedakan menjadi dua, yaitu eksperimen murni (True Eksperimen) dan eksperimen semu (Quasi Eksperimen). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi eksperimen). Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Data yang terkumpul melalui tes hasil belajar diolah dengan program SPSS. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa ada perbedaan hasil belajar dan interaksi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFAE) dan Think Pair and Share (TPS) dengan memperhatikan kecerdasan emosional (EQ).
Kata kunci: hasil belajar, kecerdasan emosional (EQ) student facilitator and explaining,think pair and share
Full Text:
PDFReferences
Aqib, Zainal. 2013. Model model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: CV YramaWidya.
Casmini. 2007. Emotional
Parenting.Yogyakarta: Nuansa Aksara.
Djamarah dan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta
Goleman, Danniel. 2016 . Emotional Intelligence (terjemahan). Jakarta: Gramedia Pustaka
Huda, Miftahul. 2014. Model Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Isjoni. 2009. Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Mutiara Putri, Anggi. 2014. Studi Perbandingan Hasil Belajar IPS Terpadu Antara Penggunaan Model Pembelajaran Snowball Thorwing dan Make a Match dengan Memperhatikan Kecerdasan Adversitas Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Metro Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi FKIP. Universitas Lampung
Narti, Sri. 2014. Model Bimbingan Kelompok Berbasis Ajaran Islam Untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa. Yogyakarta. Pustaka Belajar.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (PendekatanKuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: BumiAksara
Sukoriyanto, 2001. Langkah langkah dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan penyelesaian masalah. Jurnal Matematika atau pembelajarannya.
Tahun VII, No. 2. 103-110
Sutirman. 2013. Media & Model- Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu
Trianto.2007. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F12573
Refbacks
- There are currently no refbacks.