Berpikir Kritis Menggunakan Model PBI DAN TTW Dengan Memperhatikan Kecerdasan Intelektual (IQ)

Nunung Nur'aini, Edy Purnomo, Tedi Rusman

Abstract


The purpose of this research was to find out the difference of critical thinking, the interaction of the use of cooperative learning model of Problem Based Intruction (PBI) and Think Talk Write (TTW) type by considering the intelligence quotient (IQ). Research methodology used in this research was experiment research with comparative approach. The experimental methods were divided into two, which were true experiment and quasi experiment. The methodology that was used in this research was quasi experiment. Data collection was done by using test. The data which were collected by test of critical thinking were analyzed by using SPSS program. Based on analysis of the data, it obtained the result that there is a difference in critical thinking and the interaction of the use of cooperative learning model of Problem Based Intruction (PBI and Think Talk Write (TTW) type by considering the intelligence quotient (IQ).

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe Problem Based Intruction (PBI) dan Think Talk Write (TTW) dalam meningkarkan kemampuan berpikir kritis pada siswa dengan memperhatikan kecerdasan intelektual (IQ). Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen).dengan pendekatan komparatif. Desain penelitian yang digunakan treatment by level. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 7 kelas dengan jumlah 210 siswa dan sampel yang digunakan 2 kelas dengan jumlah 60 siswa yang ditentukan melalui cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan tes kemampuan berpikir kritis berupa soal pilihan jamak. Pengujian hipotesis menggunakan analisis varians dua jalan dan t-tes dua sampel independen. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa ada perbedaan berpikir kritis dan interaksi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Problem Based Intruction (PBI) dan Think Talk Write (TTW) dengan memperhatikan kecerdasan intelektual (IQ).

Kata kunci: berpikir kritis, kecerdasan intelektual (IQ), problem based intruction think talk write


Full Text:

PDF

References


Azwar, Saifuddin. 2006. Pe-ngantar.Psikologi.Inteligensi.Yogyakarta: Pustaka Pelajara Offset.

Fisher, Alec. 2009. Berfikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Ratumanan. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: Unesa University Pres

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Pr-ofesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers

Sari, Ajeng Perwito. 2015. Studi Perbandingan Kemampuan Be-rpikir Kritis antara Siswa yang Diajar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS dan Model TTW dengan Mem-perhatikan Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP Global Madani Bandar Lampung Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. FKIP. Universitas Lampung.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunarto..2008..Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta

Suyatno.2009...Menjelajah Pembelajaran.Inofatif..Sidoarjo:Masmedia Buana Pusaka.

Trianto...2009..Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Prog-resif. Jakarta:

Undang-undang No. 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Sumber www-.hukumonline.com. Diakses 29 Sep-tember.2016

Permendiknas No. 23 Tahun 2007. Standar Kompetensi dan Kom-petensi Dasar.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F12572

Refbacks

  • There are currently no refbacks.