Hasil Belajar Model TSTS dan Cooperative Script Dengan Mempertimbangkan Kecerdasan Adversitas

Septa Dewi Kesuma, Nurdin Nurdin, Rahmah Dianti Putri

Abstract


The purpose of this research was to find out the difference of learning outcomes, the interaction of the use of cooperative learning model of Two Stay Two Stray and Cooperative Script type by considering the adversity quotient (AQ). Research methodology used in this research was experiment research with comparative approach. The experimental methods were divided into two, which were true experiment and quasi experiment. The methodology that was used in this research was quasi experiment. Data collection was done by using test. Data collectedthrough achievement test treated with the formula t-test and ANOVA. Based on analysis of the data, it obtained the result that there is a difference in learning outcomes and the interaction of the use of cooperative learning model of Student Two Stay Two Stray and Cooperative Script type by considering the adversity quotient (AQ).


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar, interaksi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dan Cooperative Script dengan memperhatikan kecerdasan adversitas (AQ). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif. Metode eksperimen dibedakan menjadi dua, yaitu eksperimen murni (True Eksperimen) dan eksperimen semu (Quasi Eksperimen). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi eksperimen). Pengumpulan data dilakukan tes. Data yang terkumpul melalui tes hasil belajar diolah dengan rumus t-test dan ANAVA. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa ada perbedaan hasil belajar dan interaksi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dan Cooperative Script dengan memperhatikan kecerdasan adversitas (AQ).


Kata kunci: AQ, Cooperative Script, hasil belajar, TSTS


Full Text:

PDF

References


Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasbullah. 2006. Dasar Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Huda, Miftahul. 2014. Model Model Pengajaran dan Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi. Surabaya: Blog History Education.

Stoltz, G Paul. 2000. Adversity Quotient (Mengubah Hambatan Menjadi Peluang). Jakarta: PT Grasindo.

Stoltz, G Paul. 2004. Adversity Quotient. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana. 430 hlmn.

Universitas Lampung. 2011. Format Penulisan Karya Ilmiah. Lampung: UNILA.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F12537

Refbacks

  • There are currently no refbacks.