Pengaruh Konsep Diri, Disiplin dan Minat terhadap Hasil Belajar melalui Motivasi Belajar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsep diri, disiplin dan minat belajar terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar. Metode yang digunakan adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas x dengan jumlah 244 dan sampel 152 yang ditentukan dengan proporsional random sampling. Data yang terkumpul melalui angket diolah dengan teknik analisis jalur. Hasil analisis menunjukan bahwa: Ada pengaruh konsep diri, disiplin belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 4 Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017.
Kata kunci: disiplin, hasil belajar, konsep diri, minat, motivasi
Full Text:
PDFReferences
Agustiani, H. 2006. Psikologi Perkembangan-Pendekatan Ekologi Kaitannya dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri pada Remaja. Bandung: PT Refika Aditama.
A.M, Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Djaali. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Djaali. 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. PT. Rineka Cipta: Jakarta.
Djamarah,Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Walgito, Bimo. 2008. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F12519
Refbacks
- There are currently no refbacks.