PENGARUH KESIAPAN, SIKAP, FASILITAS SEKOLAH DAN EKONOMI ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR

Nurhoiriyah Nurhoiriyah, I Komang Winatha, Rahmah Dianti Putri

Abstract


The purpose of this research was to find out the influence of readiness, attitude towards subjects, use of schools facilities and economic background of parents to the learning outcomes of the economy subject at the grade X of SMA Utama 2 Bandar Lampung. The design of this research was descriptive verification by approaching ex post pasto and survey. The collecting data technique was done by using interview and questionnaire to 51 students taken from two classes. The data was analyzed by using simple linear regression formula and multiple linear regression formula. The result showed that there is influence of learning readiness, attitudes towards subjects, use of learning facilities in the school and economic background of parents to the learning outcomes of the economy subject at the grade X of SMA Utama 2 Bandar Lampung in 2016/2017 academic year.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kesiapan, sikap pada mata pelajaran, pemanfaatan fasilitas sekolah dan latar belakang ekonomi orang tua terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Utama 2 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara terstuktur dan menyebar angket kepada 51 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus regresi linear sederhana dan regresi linear berganda. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa ada pengaruh kesiapan belajar, sikap pada mata pelajaran, pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah dan latar belakang ekonomi orang tua terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Utama 2 Bandar Lampung Tahun pelajaran 2016/2017.

Kata kunci: ekonomi, fasilitas, hasil, kesiapan, sikap

Full Text:

PDF

References


Azwar, A. 2008. Perkembangan Kecerdasan Anak. Jakarta: Cit Prosiding WNPG VIII.

Dimyati dan Mudjiono. 2006.

Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010.

Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif (Suatu Pendekatan Teoritis Psikologi). Jakarta: Rineka Cipta.

Hakim, Thursan. 2005. Belajar Secara Efektif. Puspa Swara: Jakarta.

Nasution, Noehi. 2005. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. Purwanto, M. Ngalim. 2007. Prinsip-

Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sadiman, Arif S. (2003). Media

Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sardiman. 2008. Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor- faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamadia Group.

Syah, Muhibbin. 2005. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F12465

Refbacks

  • There are currently no refbacks.