Brainstorming dan Three Step Interview untuk Kecakapan Hidup dengan Memperhatikan Kecerdasan Personal

Ely Susanti, Edy Purnomo, Pujiati Pujiati

Abstract


This study aimed to compare the life skills between student learning using cooperative learning model Brainstorming and Three Step Interview type by considering personal intelligences. The method used in this research was quasi experiment with comparative approach. The study design used factorial design. The population in this study were 9 classes with 255 students and the samples used by 2 classes with 57 students was determined through random cluster sampling. Data collection technique used observation and questionnaires. Hypothesis testing using two-way analysis of variance and t-test of two independent samples. Based on analysis of the data, it obtained the result that there is a difference in life skill and the interaction of the use of cooperative learning model of Brainstorming and Three Step Interview type by considering personal intelligences.

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kecakapan hidup antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Brainstorming dan Three Step Interview dengan memperhatikan kecerdasan personal. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Desain penelitian yang digunakan design factorial. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 9 kelas dengan jumlah 255 siswa dan sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas dengan jumlah 57 siswa yang ditentukan melalui cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Pengujian hipotesis menggunakan analisis varians dua jalan dan t-test dua sampel independen. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa ada perbedaan kecakapan hidup (life skill) dan interaksi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Brainstorming dan Three Step Interview dengan memperhatikan kecerdasan personal.

Kata kunci: brainstorming, kecakapan hidup,TSI, kecerdasan


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anwar. 2012. Pendidikan kecakapan hidup. Bandung: CV Alfabeta

Budiningsih, Asri. 2008. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Herpratiwi. 2009. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Kelly, Estalita. 2015. Kecerdasan Interpersonal dan Kecerdasan Intrapersonal dengan Sikap Multikultural pada Mahasiswa Malang. Pasuruan. Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan.

Lwin, May. 2008. Cara Mengembangkan Berbagai Komponen Kecerdasan. Yogyakarta. PT. Indeks.

Sopiyanti, L. 2005. Perbandingan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Three Step Interview dan Tipe Jigsaw dalam Subkonsep Reproduksi Pada Manusia. Skripsi UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

Prasetyo, Justinus Reza dan Yeny Andriani. 2009. Multiply Your Multiple Intelligences. Yogyakarta: Andi Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F12383

Refbacks

  • There are currently no refbacks.