Perbandingan Keterampilan Sosial Menggunakan Model GGE dan GI Dengan Memperhatikan Konsep Diri
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan keterampilan sosial, dan interaksi penggunaan model pembelajaran tipe GGE dan GI dengan memperhatikan konsep diri siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Desain penelitian yang digunakan Treatment by Level 2x2. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan melalui lembar observasi. Penelitian ini menggunakan uji t-Test, dan Analisis Varians Dua Jalan. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa ada perbedaan keterampilan sosial dan ada interaksi penggunaan model pembelajaran tipe GGE dan GI dengan memperhatikan konsep diri siswa.
Kata kunci: gge, gi, keterampilan sosial, konsep diri
Full Text:
PDFReferences
Djaali. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Djamarah, Syaiful Bahri. 2006. Strategi Belajar Mengajar . Jakarta :Rineka Cipta
Maryani, Enok. 2011. Pengembangan Program Pembelajaran IPS untuk Peningkatan Keterampilan Sosial. Bandung: Alfabeta
Narti, Sri. 2014. Model Bimbingan Kelompok Berbasis Ajaran Islam Untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Sani, Ridwan. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara
Silberman, Melvin L. 2013. Active learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. (alih bahasa : Raisul Muttaqien). Bandung: Nuansa Cendekia
Slavin, Robert E. 2009.Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik. Bandung : Nusa Media
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sutirman. 2013. Media & ModelModel Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran InovatifProgresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003. 2006. Bandung Citra Umbaran. Halaman 72
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F12334
Refbacks
- There are currently no refbacks.