Efektivitas Model CTL dan OEP Untuk Meningkatkan Life Skill Dengan Memperhatikan EQ

Desni Pratiwi, Edy Purnomo, Tedi Rusman

Abstract


The purpose of this study was to determine the effectiveness of the model CTL and OEP to improve the life skill of students with attention EQ. The method used quasi-experimental method with a comparative approach. Data analysis using the formula of two roads and t-test of two independent samples. The results of data analysis showed: There is a difference between the life skill of students whose using CTL with students model OEP on social studies integrated. Life skill of students whose using CTL model is more effective than OEP model for students who have a high EQ on social studies integrated. Life skill of students whose using OEP model is more effective than CTL learning model for students who have a low EQ on social studies integrated. There is an interaction between learning model with EQ towards life skill of students on social studies integrated.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model CTL dan OEP untuk meningkatkan life skill siswa dengan memperhatikan EQ. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Analisis data menggunakan rumus analisis varian dua jalan dan t-test dua sampel independen. Hasil analisis data menunjukkan: Ada perbedaan life skill antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model CTL dengan siswa yang menggunakan model OEP pada mata pelajaran IPS Terpadu. Life skill siswa yang pembelajarannya menggunakan model CTL lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran OEP bagi siswa yang memiliki EQ tinggi pada mata pelajaran IPS Terpadu. Life skill siswa yang menggunakan model OEP lebih efektif dibandingkan dengan model CTL bagi siswa yang memiliki EQ rendah pada mata pelajaran IPS Terpadu. Ada interaksi antara model pembelajaran dengan EQ terhadap life skill siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu.

Kata kunci : CTL, OEP, Life Skill, EQ

Full Text:

PDF

References


Anwar. 2012. Pendidikan Kecakapan Hidup. Bandung. Alfabeta.

Adiyanti. Rika. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Berorentasi Open Ended Problem Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri 8 Bandar Anyar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Ganesha.

Arikunto, Suharsini. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta.

Ariyanti. Susi. 2015. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA N 1 Trimurjo Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial. Universitas Lampung.

Eka, Susanti Defryana. 2015. Efektivitas Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Menggunakan Model Pembelajaran Problem Posing dan Problem Solving dengan Memperhatikan Kecerdasan Emosional (EQ) Siswa Kelas VIII SMPN 3 Pekalongan Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Universitas Lampung.

Goleman, Daniel. 2016. Emotional Intelligennce. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.

Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta. Pustaka Belajar.

Kesuma, Dharma. 2011. Pendidikan Karakter. Bandung. Rosda.

Marsela. Yesi. 2016. Perbandingan Life Skills (kecakapan hidup) Siswa yang Pembelajarannya Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Instruction dan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan Memperhatikan Motivasi Berprestasi pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 8 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Universitas Lampung.

Samani, Muchlas. 2006. Menggagas Pendidikan Bermakna Integrasi Life Skill-KBK-CTL-MBS. Surabaya. SIC.

Siregar, Eveline. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Ghalia Indonesia.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F12308

Refbacks

  • There are currently no refbacks.