Pengaruh Metode Mengajar Guru dan Minat Melalui Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar

Avivah Nur Rahmah, Nurdin Nurdin, Yon Rizal

Abstract


The purpose of this research was to know the effect on the students 'perceptions about the teaching methods of teachers and learning interest, students' motivation with regard to the learning outcomes on student achievement class VIII (Regular) MTs Negeri 2 Bandar Lampung. The method used in this research is descriptive research method approach verification ex post pasto. The data collection was done by structuring interviews and spreading questionnaires to 144 students consisting of seven classes. Data were collected through questionnaires processed by path analysis techniques. Based on the result that there is influence between students 'perceptions about the teaching methods of teachers and learing interest, students' motivation with regard to the learning outcomes of Grade VIII (Regular) Integrated IPS MTs Negeri 2 Bandar Lampung in the academic year 2016/2017.


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan minat belajar melalui motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII (Reguler) MTs Negeri 2 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara terstuktur dan menyebar angket kepada 144 siswa yang terdiri dari 7 kelas. Data yang terkumpul melalui angket diolah dengan teknik analisis jalur. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa ada pengaruh antara persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan minat belajar melalui motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII (Reguler) MTs Negeri 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017.

Kata kunci: hasil, metode, minat, motivasi

Full Text:

PDF

References


Dalyono, M. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, dan Aswan Z. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Elmubarok, Zaim. 2008. Membumikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.

Nawawi, H, H. 2003, Metodologi Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Nazir, M. 2005. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indah.

Sanjaya, Wina. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Predana Media Grup.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sardiman. 2009. Interaksi dan Motivator Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajawali Pers.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soemanto, Wasty. 2006. Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudjana. N. 2005. Metode Statistika. Bandung: Trasinto.

Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. 2012. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

UU R1 No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Walgito, B. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: CV Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F12225

Refbacks

  • There are currently no refbacks.