Pengaruh Dimensi Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Pelanggan Indomart Labuhan Dalam Bandar Lampung
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan jasa terhadap kepuasan pelanggan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini yaitu orang-orang yang pernah membeli barang di Indomart Labuhan Dalam Bandar Lampung dan sampel 90 responden yang ditentukan dengan teknik accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Data yang terkumpul diolah dengan teknik analisis regresi linier multipel. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan kualitas pelayanan jasa (bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati) terhadap kepuasan pelanggan.
Kata kunci : jasa, kepuasan, kualitas, pelanggan, pelayanan.
Full Text:
PDFReferences
Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran Edisi Milenium. Jakarta: Prehallindo.
Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Sunyoto, Danang. 2013. Teori, Kuesioner & Analisis Data untuk Pemasaran & Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. 2005. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia Publishing.
Usmara, A. 2003. Strategi Baru Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Amoro Book.
Zulkarnain. 2012. Ilmu Menjual : Pendekatan Teoritis dan Kecakapan Menjual. Yogyakarta: Graha Ilmu.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F12212
Refbacks
- There are currently no refbacks.