Pengaruh Dimensi Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Pelanggan Indomart Labuhan Dalam Bandar Lampung

Dwi Ayu Ulfa, Tedi Rusman, Yon Rizal

Abstract


The purpose of this research is for knowing service quality effect about customer satisfaction. Detailed examination method which used for in this case is descriptive verification method by approaching ex post facto and survey. Population in the research is for the people who ever bought Indomaret's stuff in Labuhan Dalam Bandar Lampung and 90 respondents are found by accidental sampling engineering. Accumulation of data is done by using questionnaire. Data collection is processed by analyze technical multiple of linier regression The data analysis result shows that there are positive side and significant merit service (physical evidence, reliability, comprehension, guarantee and empathy) to customer satisfaction.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan jasa terhadap kepuasan pelanggan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini yaitu orang-orang yang pernah membeli barang di Indomart Labuhan Dalam Bandar Lampung dan sampel 90 responden yang ditentukan dengan teknik accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Data yang terkumpul diolah dengan teknik analisis regresi linier multipel. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan kualitas pelayanan jasa (bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati) terhadap kepuasan pelanggan.

Kata kunci : jasa, kepuasan, kualitas, pelanggan, pelayanan.

Full Text:

PDF

References


Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran Edisi Milenium. Jakarta: Prehallindo.

Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Sunyoto, Danang. 2013. Teori, Kuesioner & Analisis Data untuk Pemasaran & Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2005. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia Publishing.

Usmara, A. 2003. Strategi Baru Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Amoro Book.

Zulkarnain. 2012. Ilmu Menjual : Pendekatan Teoritis dan Kecakapan Menjual. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F12212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.