SIKAP SISWA TERHADAP BERWIRAUSAHA MENGGUNAKAN LEARNING CYCLE DAN TALKING STICK
Abstract
This study aims to determine the significant differences between the attitude of students for entrepreneurship in enterpreneurship subject with the Cooperative Learning type of Learning Cycle and Talking Stick regarding the students parental background in SMK N 3 Bandar Lampung. The sample in this study were 74 students divided into two classes, 1st grade of Hospitality 1 and 1st grade of Cullinary Art 3. It was selected by Cluster Random Sampling. Unit of analysis used T-Test Two Independent Samples and Two Paths Variance analysis. The result of this study showed there were significant differences between the attitude of students for entrepreneurship in enterpreneurship subject that used the Cooperative Learning type of Learning Cycle and the students that used the Cooperative Learning type of Talking Stick regarding the students parental background in SMK N 3 Bandar Lampung.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara sikap siswa terhadap berwirausaha pada mata pelajaran kewirausahaan dengan model kooperatif tipe Learning Cycle dan tipe Talking Stick dengan memperhatikan latar belakang orang tua siswa di SMK N 3 Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 74 orang siswa yang tersebar ke dalam 2 kelas yaitu kelas X AP 1 dan kelas X TB 3. Pengambilan sampel penelitian ini dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Unit analisis menggunakan T-Test Dua Sample Independent dan Analisis Varian Dua Jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara sikap siswa terhadap berwirausaha pada mata pelajaran kewirausahaan yang diberikan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Cycle dengan siswa yang diberikan pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dengan memperhatikan latar belakang orang tua siswa di SMK N 3 Bandar Lampung
Kata kunci: sikap berwirausaha, learning cycle, talking stick, latar belakang orang tua
Full Text:
PDFReferences
Arikunto S, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Penerbit PT Rineka Cipta, Jakarta
Asep Jihad dan Abdul Haris, 2008.Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Azwar, S., 2002, Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Basrowi dan Akhmad Kasinu. 2007. Metode Penelitian Sosial. CV Jenggala Pustaka. Kediri
DEKDIKBUD, Kamus besar bahasa Indonesia, (Jaklarta: Balai Pustaks, 2001)
Nurham, Lingkungan Tempat Tinggal Menentukan Minat Berwirausaha, (Semarang: FKIP, 2003)
Devi Puspitasari, Kewirausahaan SMK Tingkat Kelas X, (Jakarta: Arya duta, 2006.)
Endang Mulyani (2009) Strategi Menumbuhkan Sikap dan Perilaku Wirausaha Melalui Pembelajaran Kooperatif yang Berwawasan Kewirausahaan Universitas Negeri Yogyakarta
Ermaleli Putri (2010) Minat Berwirausaha siswa SMK TRIGUNA UTAMA Ciputat Tangerang Selatan di Lihat Dari Status Pekerjaan Orang Tua Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Etin Solehatin (2008) Cooperative Learning Jakarta : PT Bumi Aksara
Gagne, R.M. 1984.The Conditions of Learning and Theory of Instruction, New York Holt,
Huda, Miftahul (2004) Model model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta Pustaka Pelajar
Isjoni. 2013.Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.
Koestoro, Budi dan Basrowi. 2006. Strategi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Surabaya: Yayasan Kampusina.Halaman 35, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.
Koentjaraningrat, 2001, Kebudadyaan Mentalitas dan Pembangunan,Jakarta: PT.Gramedia.
Lilis karina (2010). Studi Hubungan Prestasi Siswa Pada Mata Diklat Kewirausahaan dan Perbedaan Latar Belakang Pekerjaan Orang Tua Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas X Kelompok Bisnis dan Manajemen SMKN 1 KARANGANYAR Tahun Diklat 2008/2009. UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA
Morgan, Clifford T, dan Ricahrd A. King, 1975. Introduction to Psychology. New York McGraw-Hill Book Company
Nurhan , 2006 . Sikap Latar Belakangv Orang Tua , Jakarta PT. Media Karya
Pandji, Anoraga, dkk, 2002, Koperasi, Kewirausahaan dan Usaha Kecil, Rhineka Cipta, Jakarta
Piaget, 1998. Scienceof Education and The Psychology Of Child, Orient Press, New York
Renner, J.W., Abraham M.R.,Birnie, H.H. 2000. The Necessity of Each Phase of The Learning Cycle ini Teaching High School Physics. J. of Research in Science Teaching
Riwanto, 2003, Dinamika Pendidikan Dan Ketenagakerjaan Pemuda Di Perkotaan Indonesia, Jakarta: PT Grasindo
Sanjaya, Wina.2006. Strategi Pembelajaran.Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Slavin, 2005, Cooperative Learning: theory, research and practice, London: Allymand Bacon.
Sudjana. 2005. Strategi Pembelajaran. Bandung : Falah production
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan kuantitatif, kualitatif, R dan D.Bandung. Alfabeta, 2008
Suhartin,2006. Cara Mendidik dalam keluarga Masa Kini. Jakarta: Bharata Karya Aksara.
Suharsimi Arikunto.2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta ,Jakarta
Suit, Y dan Almasdi, 2000, Aspek Mental Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Gholia Indonesia
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Kependidikan. Jakarta. Bumi Aksara.
Suryana. 2004. Kewirausahan: Pedoman praktis, kiat dan proses menuju sukses. Jakarta: Salemba Empat.
Solehatin Etin. Raharjo.2008. Cooperative Learning. Jakarta: PT Bumi Aksara.
UU RI No 20 Tahun 2003, Tentang Standar Pendidikan Nasional, (Jakarta: CV Sinar Gravika, 2007)
Walgito, Bimo.2002. Psikologi Sosial.Yogyakarta : Andi Yogyakarta
Wasti Soemanto, Sekuncup Ide Operasional Pendidikan Wiraswasta, (Jakarta:Gunung Jati , 2004)
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F11629
Refbacks
- There are currently no refbacks.