KOMPARATIF HASIL BELAJAR KOOPERATIF TIPE TGT DAN NHT TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI

Indrawan Muklas, Erlina Rupaidah, Nurdin Nurdin

Abstract


This study have a purpose to know: 1) difference result of study Accounting through cooperative learning Scaffolding (Team Games Tournament) with NHT (Number Head Together). 2) effectivity result of study Accounting which using cooperative learning TGT more higher than NHT. This study used an experimental method with a comparative approach. Data collecting tool is in the form of a multiple choice test of 35 questions for 79 students. The results showed: a) there are differences in the results of Accounting learning through cooperative learning TGT (Team Games Tournament) model with NHT (Number Head Together). b) effectivity learning of Accounting using cooperative learning type TGT (Team Games Tournament) more higher than NHT (Number Head Together).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perbedaan hasil belajar Akuntansi melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) dengan NHT (Number Head Together). 2) efektivitas hasil belajar Akuntansi yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) lebih tinggi dibandingkan NHT (Number Head Together). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan komparatif. Alat pengumpul data berupa tes pilihan ganda sebanyak 35 soal kepada 79 siswa. Hasil penelitian menunjukkan; a) ada perbedaan hasil belajar Akuntansi melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan NHT. b) efektivitas hasil belajar Akuntansi yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan NHT.

Kata kunci : hasil belajar, TGT, NHT.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. DasarDasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dimyati dan Mujiono. 2006. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Dimyati dan Mujiono. 2013. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta

Hidayat, Irfan. 2015. Studi Perbandingan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa yang Pembelajarannya Menggunakan Model Team Games Tournament (TGT) dan Jigsaw dengan Memperhatikan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas VIII MTS Miftahul Huda Terbanggi Besar Tahun Ajaran 2014/2015. Bandar Lampung: Universitas Lampung

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Universitas lampung. 2014. Format Penulisan Karya Ilmiah Universitas Lampung. Bandar Lampung: Universitas lampung




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F11512

Refbacks

  • There are currently no refbacks.