HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN COOPERATIVE SCRIPT DAN TAI DENGAN MEMPERHATIKAN MOTIVASI BERPRESTASI

Muhammad Alimi, Nurdin Nurdin, Tedi Rusman

Abstract


This research was supported by learning outcomes economy which was still low. The purpose of this research was to know the difference of economic learning outcomes and the presence or absence of interaction between students whose learning using Cooperative Script and TAI models regarding to the learning interest. Method which was used was quasi experiment. The population were 154 students with 79 students as the sample. Data collection was through interviews, observation, documentation, tests and questionaire . Hypotheses testing was using two sample independent t-test and two ways variance of analysis. Based on analysis of data, it obtained that there are differences between learning outcomes economic and there are interaction between students whose learning are using Cooperative Script and TAI model regarding to the interest of learning .

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar ekonomi yang rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi dan ada tidaknya interaksi antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model Cooperative Script dan TAI dengan memperhatikan motivasi berprestasi. Metode yang digunakan eksperimen semu. Populasi berjumlah 154 siswa dengan sampel 78 siswa. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, tes dan angket. Uji hipotesis menggunakan t-test dua sampel independen dan analisis varians dua jalan. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar ekonomi dan ada interaksi antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model Cooperative Script dan TAI dengan memperhatikan motivasi berprestasi.

Kata kunci: hasil belajar, motivasi berpestasi, cooperative script, TAI

Full Text:

PDF

References


Ala, Miftahul. 2011. Quantum Teaching.Yogykarta : Diva Press.

Arliansyah, Tomi Ade. 2012. Pengaruh model pemebelajaran Cooperative Script berbantuan ICT terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII semester genap SMP N 5 Metro tahun pelajaran 2011/2012. Bandar Lampung.

Dimyanti dan Mudjiono.2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djaali.2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif (Suatu Pendekatan Teoritis Psikologi). Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Rogy. 2012. Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) dan TPS (Think Pair Share) terhadap Hasil Belajar Pengukuran Listrik di SMKN 2 Cimahi. Universitas Pendidikan Indonesia.

Sani, Ridwan Abdullah. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sukardi 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F11453

Refbacks

  • There are currently no refbacks.