PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PBL DAN PJBL DENGAN MEMPERHATIKAN KECERDASAN ADVERSITAS

Zulistya Annisa, Yon Rizal, Tedi Rusman

Abstract


This research aimed to find out the comparison of students economic learning achievements who taught through Problem Based Learning (PBL) and Project Based Learning (PjBL) models by concerning their adversity quotient. The results showed: (1) there is a significant difference of the economic learning achievements through PBL and PjBL models; (2) The students economic learning achievements who taught through PBL model is higher than those who taught through PjBL model on students who have low adversity quotient; (3) The students economic learning achievements who taught through PBL model is higher than those who taught through PjBL model on students who have high adversity quotient; (4) The students economic learning achievements who taught through PBL model is higher than those who taught through PjBL model on students who have moderate adversity quotient; (5) there were interactions between learning models and students adversity quotient in the subject of Economics.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar ekonomi antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) dengan memerhatikan kecerdasan adversitas. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada perbedaan yang signifikan hasil belajar Ekonomi melalui model pembelajaran PBL dan PjBL; (2) Hasil belajar Ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran PBL lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran PjBL bagi siswa yang memiliki kecerdasan adversitas rendah; (3) Hasil belajar Ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran PjBL lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran PBL bagi siswa yang memiliki kecerdasan adversitas tinggi; (4) Hasil belajar Ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran PBL lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran PjBL bagi siswa yang memiliki kecerdasan adversitas sedang; (5) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kecerdasan adversitas siswa pada mata pelajaran Ekonomi.

Kata kunci: hasil belajar, kecerdasan adversitas, problem based learning (pbl), project based learning (PjBL).


Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT. Refika Aditama.

Djamarah dan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Khairiah, Miftahul. 2015. Studi Perbandingan Hasil Belajar Ips Terpadu Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning dengan Memperhatikan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Metro. (Skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Majid, Abdul. 2014. Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Interes Media.

Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Stoltz, G.Paul. 2000. Adversity Quotient. Jakarta: Grasindo.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F11388

Refbacks

  • There are currently no refbacks.