PENGARUH KOMPETENSI GURU, KONSEP DIRI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru, konsep diri dan minat belajar terhadap hasil belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Way Tenong Tahun Ajaran 2015/2016 dan sampel 91 siswa yang ditentukan dengan rumus Cochran. Metode penetapan sampel yaitu probability sampling dengan menggunakan simple random sampling. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier dengan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil penelitian ada pengaruh secara langsung maupun tidak langsung antara persepsi siswa tentang kompetensi guru, konsep diri dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar Ekonomi siswa di SMA Negeri 1 Way Tenong Lampung Barat.
Kata kunci: hasil belajar, kompetensi guru, konsep diri, minat belajar.Full Text:
PDFReferences
Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Djamarah. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Desmita. 2012. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya
Hamalik, Oemar. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Jihad, Asep, dan Abdul Haris. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Mulyana. 2007. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. 2013. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja RosdaKarya.
Narti. 2014. Model Bimbingan Kelompok Berbasis Ajaran Agam Islam Untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa. Jakarta : Pustaka Belajar Offset.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana, 2006. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Ramaja Rosdakarya
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F11178
Refbacks
- There are currently no refbacks.