PENGARUH KOMPETENSI GURU, KONSEP DIRI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR

Siti Anis Atikah, Tedi Rusman, Nurdin Nurdin

Abstract


This research was motivated by the low learning outcomes. The purpose of this study was to determine the effect of teacher competence, self-concept and interest in learning on learning outcomes. The method used in this research was descriptive verification with ex post facto approach and survey. The population in this research was class XI IPS SMA Negeri 1 Way Tenong Academic Year 2015-2016 and 91 sample students were determined by Cochran formula. Sample determination method used probability sampling by using simple random sampling. Hypothesis testing was using linear regression path analysis. The results showed that there is an influence of the research results directly or indirectly between students perceptions about the teacher competence, self-concept and interest in learning on learning outcomes of Economics student at SMA Negeri 1 Tenong Way West Lampung .

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru, konsep diri dan minat belajar terhadap hasil belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Way Tenong Tahun Ajaran 2015/2016 dan sampel 91 siswa yang ditentukan dengan rumus Cochran. Metode penetapan sampel yaitu probability sampling dengan menggunakan simple random sampling. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier dengan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil penelitian ada pengaruh secara langsung maupun tidak langsung antara persepsi siswa tentang kompetensi guru, konsep diri dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar Ekonomi siswa di SMA Negeri 1 Way Tenong Lampung Barat.

Kata kunci: hasil belajar, kompetensi guru, konsep diri, minat belajar.

Full Text:

PDF

References


Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Djamarah. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Desmita. 2012. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya

Hamalik, Oemar. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Jihad, Asep, dan Abdul Haris. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Mulyana. 2007. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2013. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja RosdaKarya.

Narti. 2014. Model Bimbingan Kelompok Berbasis Ajaran Agam Islam Untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa. Jakarta : Pustaka Belajar Offset.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, 2006. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Ramaja Rosdakarya

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F11178

Refbacks

  • There are currently no refbacks.