HASIL BELAJAR AKUNTANSI MODEL CONCEPT MAPPING DAN MAKE A MATCH MEMPERHATIKAN MINAT

Kunti Wijayanti, Erlina Rufaidah, Yon Rizal

Abstract


The purpose of this research was to know the difference of learning outcomes, the interaction of the use of cooperative learning model of concept mapping and make a match type by considering the student interest. Research methodology used in this research was experiments with comparative approach. The experimental methods were divided into two, which is true experiment and quasi experiment. The methodology that was used in this research was quasi experiment. Data collection was done, by using questionairre and test. The data which were collected through questionairre and learning outcomes were analyzed by using SPSS program. Based on analysis of the data, it obtained the result that there is a difference in learning outcomes and the interaction of the use of cooperative learning model of concept mapping type and make a match by considering the student interest.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar, interaksi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe concept mapping dan make a match dengan memperhatikan minat siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif. Metode eksperimen dibedakan menjadi dua, yaitu eksperimen murni (True Eksperimen) dan eksperimen semu (Quasi Eksperimen). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi eksperimen). Pengumpulan data dilakukan, angket dan tes. Data yang terkumpul melalui angket dan hasil belajar diolah dengan program SPSS. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa ada perbedaan hasil belajar dan interaksi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe concept mapping dan make a match dengan memperhatikan minat siswa.

Kata kunci: concept mapping, hasil belajar, make a match, minat siswa


Full Text:

PDF

References


Djamarah, Syaiful Bahri. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Huda, Miftahul. 2011. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT. Refika Aditama.

Rusmono. 2014. ModelModel Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo

Siregar, Eveline. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

UU RI No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F11097

Refbacks

  • There are currently no refbacks.