TSTS DAN TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DENGAN MEMPERHATIKAN KECERDASAN SOSIAL
Abstract
This research was motivated to know the difference of social skill, as well as to know the interaction of the use of cooperative learning model of Two Stay Two Stray (TSTS) type and Time Token type by considering interpersonal intelligence and intrapersonal intelligence. The method used in this research was experiments with comparative approach. The population in this research were all students of class VII, amounting to 417 students with the sample was amounted to 76 students, by cluster random sampling. Data collection technique was using documentation, interview, psychology scale, and observation. Hypothesis testing was using Two Ways Analysis of Variance and T-test of Two Independent Samples. Based on analysis of the data, it obtained the result that there is a difference in social skill and the interaction of the use of cooperative learning model of Two Stay Two Stray (TSTS) type and Time Token type by considering interpersonal intelligence and intrapersonal intelligence.
Penelitian ini dilatar belakangi untuk mengetahui perbedaan keterampilan sosial, serta untuk mengetahui interaksi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan Time Token dengan memperhatikan kecerdasan interpersonal dan kecerdasan intrapersonal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan komparatif. Populasi seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 417 siswa dengan sampel 76 siswa, yang ditentukan dengan cluster random sampling. Pengumpulan data melalui dokumentasi, wawancara, skala psikologi, dan observasi. Pengujian hipotesis menggunakan analisis varian dua jalan dan t-test dua sampel independen. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa ada perbedaan keterampilan sosial dan interaksi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan tipe Time Token dengan memperhatikan kecerdasan interpersonal dan kecerdasan intrapersonal.
Kata kunci: kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, keterampilan sosial, TSTS, time token
Full Text:
PDFReferences
Bahaudin, Taufik. 2007. Brainware Leadership Mustery Kepemimpinan Abad Otak dan Milenium Pikiran. Jakarta: Gramedia.
Elmubarok, Zaim. 2008. Membumikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.
Gunawan, Adi. 2003. Petunjuk Praktis untuk Menerapkan Accelerated Learning. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Huda, Miftahul. 2014. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Terapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ibrahim, M, dkk. 2005. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.
Lwin, May. 2008. Cara Mengembangkan Berbagai Komponen Kecerdasan. Yogyakarta: PT. Indeks.
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F11031
Refbacks
- There are currently no refbacks.