EFEKTIVITAS VCT DAN CTL DALAM MENUMBUH KEMBANGKAN SIKAP TERHADAP WIRAUSAHA SISWA

Aulia Chika Utami, Edy Purnomo, Yon Rizal

Abstract


This study aimed to find out the effectiveness of VCT and CTL in developing the entrepreneurial attitude toward students with attention to intrapersonal intelligence and interpersonal intelligence students on subjects of entrepreneurship. The method used was experiment research with the comparative approach. The result showed there is a difference between entrepreneurial attitude toward students who are learning the lesson that uses VCT with CTL, there is no difference between entrepreneurial attitude toward students who have intrapersonal intelligence and interpersonal intelligence, there is an influence of the interaction between the learning model with intrapersonal intelligence and interpersonal intelligence towards self-employment attitudes.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas VCT dan CTL dalam menumbuh kembangkan sikap terhadap wirausaha siswa dengan memperhatikan kecerdasan intrapersonal dan interpersonal siswa pada mata pelajaran Kewirausahaan. Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif. Hasil analisis menunjukkan ada perbedaan sikap terhadap wirausaha antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran VCT dengan CTL, tidak Ada perbedaan sikap terhadap wirausaha antara siswa yang memiliki kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan interpersonal, ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan interpersonal terhadap sikap wirausaha.

Kata kunci: CTL, VCT, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, sikap terhadap wirausaha

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2006. Pemasaran dan Pemasaran Jasa , Alfabeta, Bandung.

Budiningsih, Asri. 2005. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Muslich, Masnur. 2009. Melaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara.

Padi, A.A. dkk. 2000. Transformasi Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius dan Universitas Sanata Dharma.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas. Jakarta: Depdiknas.

Walgito, Bimo. 2002. Psikologi Sosial. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F10910

Refbacks

  • There are currently no refbacks.