HASIL BELAJAR IPS TERPADU MODEL TSTS DAN GI MEMPERHATIKAN MOTIVASI BERPRESTASI
Abstract
The purpose of this research was to find out the difference of learning outcomes, the interaction of the use of cooperative learning model of Two Stay Two Stray (TSTS) and Group Investigation (GI) type by considering the achievement motivation. Research methodology used in this research was experiment research with comparative approach. The experimental methods were divided into two, which were true experiment and quasi experiment. The methodology that was used in this research was quasi experiment. Data collection was done by using test. The data which were collected by test of learning outcomes were analyzed by using SPSS program. Based on analysis of the data, it obtained the result that there is a difference in learning outcomes and the interaction of the use of cooperative learning model of Two Stay Two Stray (TSTS) and Group Investigation (GI) type by considering the achievement motivation.
Tujuan penelitian iniuntuk mengetahui perbedaan hasil belajar, interaksi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan Group Investigation (GI) dengan memperhatikan motivasi berprestasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif. Metode eksperimen dibedakan menjadi dua, yaitu eksperimen murni (True Eksperimen) dan eksperimen semu (Quasi Eksperimen). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi eksperimen). Pengumpulan data dilakukan tes. Data yang terkumpul melalui tes hasil belajar diolah dengan program SPSS.Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa ada perbedaan hasil belajar dan interaksi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan Group Investigation (GI) dengan memperhatikan motivasi berprestasi.
Kata kunci: hasil belajar, group investigation, motivasi berprestasi, ttwo stay twostray
Full Text:
PDFReferences
Dimyati dan Mujiono. 2004. Strategi dan Teknik Pembelajaran. Jakarta : Grafika.
Djaali. 2012.Psikologi Pendidikan. Jakarta: BumiAksara
Djamarah dan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Terapan.Yogyakarta: PustakaPelajar.
Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi.Bandung: PT Refika Aditama.
Ngalimun. 2014.Strategi dan Model Pembelajaran. Sleman: Aswaja Pressindo.
Rusman.2012.Model-model pembelajaran.Jakarta:Rajawali Pers.
Sugiyono. 2013.Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kuaitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta.
Sukardi 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif dan Progresif. Jakarta: Prenada Media.
Undang-undang No. 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Sumber www.hukumonline.com. Diakses 1 Juli 2015.
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F10895
Refbacks
- There are currently no refbacks.