HASIL BELAJAR EKONOMI MODEL NHT DAN SNOWBALL MEMPERHATIKAN BENTUK TUGAS

Dhayang Sumbi, Edy Purnomo, Tedy Rusman

Abstract


The purpose of this research was to know the difference of learning outcomes, the interaction of the use of cooperative learning model of NHT and Snowball (ST) type by considering the type of task. Research methodology used in this research was experiments with comparative approach. The experimental methods were divided into two, which is true experiment and quasi experiment. The methodology that was used in this research was quasi experiment. Data collection was done, by using test. The data which were collected by test of learning outcomes were analyzed by using SPSS program. Based on analysis of the data, it obtained the result that there is a difference in learning outcomes and the interaction of the use of cooperative learning model of NHT and Snowball by considering the type of task.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar, interaksi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Snowball Throwing (ST) dengan memperhatikan bentuk tugas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif. Metode eksperimen dibedakan menjadi dua, yaitu eksperimen murni (True Eksperimen) dan eksperimen semu (Quasi Eksperimen). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi eksperimen). Pengumpulan data dilakukan tes. Data yang terkumpul melalui tes hasil belajar diolah dengan program SPSS. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa ada perbedaan hasil belajar dan interaksi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe PP dan TT dengan memperhatikan bentuk tugas.

Kata kunci: hasil belajar, NHT, Snowball, tugas

Full Text:

PDF

References


Dimyati dan Mudjiono.2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Rusman. 2010. Model Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajagrafindo.

Rusmono. 2014.Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learnig itu Perlu. Bogor: Ghalia Indonesia.

Soekartiwi. 2005. Meningkatkan efektivitas mengajar. Jakarta : dunia pustaka raya

Sudarmonono. 2009. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

UU no 20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F10888

Refbacks

  • There are currently no refbacks.