TWO STAY TWO STRAY DAN TIME TOKEN TERHADAP KECAKAPAN HIDUP DENGAN PENUGASAN
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kecakapan hidup (life skill), interaksi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) dan Time Token (TT) dengan memperhatikan teknik penugasan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif. Metode eksperimen dibedakan menjadi dua, yaitu eksperimen murni (True Eksperimen) dan eksperimen semu (Quasi Eksperimen). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi eksperimen). Pengumpulan data dilakukan observasi. Data yang terkumpul melalui observasi diolah dengan perhitungan manual. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa ada perbedaan kecakapan hidup (life skill) dan interaksi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TS-TS dan TT dengan memperhatikan teknik penugasan.
Kata kunci: kecakapan hidup (life skill), time token, two stay two stray, teknik penugasan
References
Anwar. 2012. Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill Education. Bandung: Alfabeta.
Budiningsih, asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Herpratiwi. 2009. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandar Lampung: Universitas Lampung
Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran . Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
UU no 20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F10863
Refbacks
- There are currently no refbacks.