PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, METODE MENGAJAR GURU, MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI
Abstract
This study aimed to know the effect of emotional intelligence, teaching methods and achievement motivation to the accounting learning result. The method used was descriptive verification with ex post facto and surveys approach. The population in this study were all the students of class X consisted of 117 students and the sample was 87 students which were determined by the Cochran formula. The sampling technique was probability sampling by using simple random sampling. The hypothesis testing used simple linear regression and multiple linear regression. The results showed that: There was an impact of the emotional intelligence on the results to the accounting learning result. There was an impact of teaching methods of the results of the accounting learning result. There was an impact of achievement motivation to the accounting learning result. There was an impact of emotional intelligence, teaching methods and achievement motivation to the accounting learning result.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, metode mengajar guru dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar akuntansi. Metode yang digunakan adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatanex post factodan survey. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X dengan jumlah 117 siswa dan sampel 87 siswa yang ditentukan dengan rumusCochran. Teknik pengambilan sampel yaituprobability samplingmenggunakansimple random sampling. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier sederhana dan regresi linier multipel. Hasil analisis menunjukkan bahwa: Ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar IPS Terpadu. Ada pengaruh metode mengajar guru terhadap hasil belajar akuntansi. Ada pengaruh motivasi berprestasi terhadap hasil belajar akuntansi. Ada pengaruh secara bersama-sama kecerdasan emosional, metode mengajar guru dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar akuntansi.
Kata kunci:hasil belajar, kecerdasan emosional, metode mengajar guru, motivasi berprestasiFull Text:
PDFReferences
Casmini. 2007. Emotional Parenting. Yogyakarta: Nuansa Aksara.
Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Gottman, John. 2001. Kiat-kiat Membesarkan Anak yang Memiliki Kecerdasan Emosional (terjemahan). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Rusman, Tedi. 2011. Statistik Penelitian Dengan SPSS. Bandar Lampung: Universitas Lampung
Sardiman. 2005. Intraksi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo.
Sanjaya, Wina. 2006.Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F10862
Refbacks
- There are currently no refbacks.