MOTIVASI BELAJAR DAN STATUS SOSIAL EKONOMI TERHADAP MINAT STUDI KE PERGURUAN TINGGI

Rizki Herdiyanti, Yon Rizal, Tedi Rusman

Abstract


This research was aimed to determine the effect of students motivation and social status of economy to students interest in continuing study in College. The method was descriptive approach verification of ex post facto and surveys. Probability technique and simple random sampling were used in this research. Hypothesis testing used simple linear regression and multiple linear regression. These results show that: (1) There is influence of students motivation to students interest continuing study in College. (2) There is not influence social status of economy to students interest continuing study in College. (3) There is influence of students motivation and social status of economy to students interest continuing study in College.

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh motivasi belajar dan status sosial ekonomi orang tua terhadap minat melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Teknik pengambilan sampel probability sampling menggunakan simple random sampling. Pengujian hipotesis dengan regresi linier sederhana dan regresi linier multiple. Hasil penelitian menunjukan: (1) Ada pengaruh motivasi belajar terhadap minat melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi. (2) Tidak ada pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap minat melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi. (3) Ada pengaruh motivasi belajar dan status sosial ekonomi orang tua terhadap minat melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi.


| Abstract views: 173 | PDF views: 67

Full Text:

PDF

References


Djaali. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dwi, HastrariniAtmanti. 2005. Investasi Sumber Daya Manusia Melalui Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hurlock, Elizabeth B. 2006. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Jamaludin. 2003. Pembelajaran Efektif.Jakarta: Mekar Jaya.

Markum, M. Enoch. 2007. Pendidikan Tinggi dalam Perspektif Sejarah dan Perkembangannya di Indonesia. Jakarta: UI Press.

Nazir, Moh.2003. Metode Penelitian Cetakan Keenam. Ghalia Indonesia: Bogor Selatan.

Purwanto, M. Ngalim. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Raf, Nuvida. 2012. Buku Ajar Sosiologi Pedesaan. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Rohman, Arif. 2009. Memahami Ilmu Pendidikan.Yogyakarta: Laks Bang Mediatama.

Samadani, U. Adil. 2013. The Power of Belief. Bandung: Graha Ilmu.

Santrock, John W. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.

Sardiman.2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Slameto.2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soekanto, Soerjono. 2010. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sugiyono.2011.Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Syah, Muhibbin. 2005. Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syaodih, Nana Sukmadinata. 2009. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Uno, Hamzah B. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F10852

Refbacks

  • There are currently no refbacks.