PENGARUH METODE MENGAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MELALUI AKTIVITAS BELAJAR
Abstract
This research was motivated by the low learning outcomes. The purpose of this study was to determine the effect of the methods of teaching and learning motivation towards learning outcomes through learning activities. The method used in this research was descriptive verification with ex post facto approach and survey. The population in this research was class VIII of odd semester in SMP Negeri 1 Dente Teladas Academic Year 2015-2016 and 69 sample students were determined by Slovin formula. Sample determination method used probability sampling by using simple random sampling. Hypothesis testing was using linear regression path analysis. The results showed that there is an influence of the research results directly or indirectly between students perceptions about the teaching methods of teachers and students motivation to the learning results of the integrated IPS through the learning activities of students in SMP Negeri 1 Dente Teladas Tulang Bawang.
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode mengajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar melalui aktivitas belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII Semester ganjil SMP Negeri 1 Dente Teladas Tahun Ajaran 2015/2016 dan sampel 69 siswa yang ditentukan dengan rumus Slovin. Metode penetapan sampel yaitu probability sampling dengan menggunakan simple random sampling. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier dengan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil penelitian ada pengaruh secara langsung maupun tidak langsung antara persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar IPS Terpadu melalui aktivitas belajar siswa di SMP Negeri 1 Dente Teladas Kabupaten Tulang Bawang.
Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, metode mengajar, motivasi belajar.Full Text:
PDFReferences
Daryono. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rhineka Cipta.
Sadirman, A.M. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rhineka Cipta
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuatitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F10810
Refbacks
- There are currently no refbacks.