PENGEMBANGAN LKS EKONOMI BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL MATERI PERMINTAAN, PENAWARAN DAN HARGA KESEIMBANGAN
Abstract
This study attempted to produce economic LKS based on contextual approach of demand, offering, and balance price and to know the effectiveness of the study results of students who used the LKS developed. The research was using research and development that used model of ADDIE (analysis, design, development, implementation, and evaluation) combined with Bogh and Gall model. The results showed that (1) the economic LKS products with contextual approach ofdemand, offering, and balance price material is feasible to be used (2) LKS which was developed is effective in improving learning outcomes of students, it can be seen from average value of post-test at X2graders(class experiment) which is higher than X4class (control class) 72,29 % > 66,04 %, and it is seen from the percentage of minimum scoring creteria X2(class experiment) which is higher than X4class (class control) the 75 % > 62,50 %.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS ekonomi berbasis pendekatan kontekstual materi permintaan, penawaran, dan harga keseimbangan dan untuk mengetahui efektifitas peningkatan hasil belajar siswa menggunakan LKS yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Reasearch and Development yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) yang dipadukan dengan model Bogh and Gall. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Produk LKS ekonomi berbasis pendekatan kontekstual materi permintaan, penawaran, dan harga keseimbangan telah layak digunakan, (2) LKS yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini ditunjukan dengan rata-rata nilai post-test siswa kelas X2 (kelas eksperimen) lebih besar dibandingkan dengan kelas X4 (kelas kontrol) yaitu 72,29 % > 66,04%, sealin itu dilihat dari persentase ketuntasan siswa kelas X2 (kelas eksperimen) lebih besar dibandingkan dengan kelas X4 (kelas kontrol) yaitu 75% > 62,50%.
Kata kunci: lembar kerja siswa, pendekatan kontekstual, permintaan, penawaran, harga keseimbangan
Full Text:
PDFReferences
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.
Haris, Andi. 2011. Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Ilmu Ekonomi Menggunakan Teori Elaborasi di Universitas Samawa Sumbawa Besar NTB. Tesis. Universitas Samawa Sumbawa Besar NTB: Tidak diterbitkan.
Pargito. 2010. Dasar-Dasar Pendidikan IPS FKIP Unila. Bandar Lampung: FKIP Unila
Sukwiaty. 2009. Ekonomi SMA Kelas X. Jakarta: Yudistira.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F10794
Refbacks
- There are currently no refbacks.