PENGARUH PERSEPSI TENTANG IKLIM SEKOLAH DAN SIKAP MELALUI MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR

Aryan Danil Mirza. BR, Tedi Rusman, Nurdin Nurdin

Abstract


This study aimed to determine the influence of the students perceptions about school condition and student attitudes to the learning outcomes of IPS Terpadu by learning motivation at class IX th students of School SMP Negeri 9 Kotabumi in Academic Year 2015/2016. The method used in this research was descriptive verification, ex post facto approach and survey method. The research subjects were the students at class IXth Junior high school. The population in this study amounted to 69 people. Sampling technique was Nonprobability Sampling by using saturated sampling. The hypotheses analyzed by using Path Analysis. The results showed that the improvement of students' perceptions of school condition and student attitudes by learning motivation to learning outcomes of IPS Terpadu at class IX th students of School SMP Negeri 9 Kotabumi in Academic Year 2015/2016.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang iklim sekolah, dan sikap siswa melalui motivasi belajar terhadap hasil belajar ips terpadu siswa kelas IX SMP Negeri 9 Kotabumi Tahun Pelajaran 2015/2016..Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan metode survey. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IX SMP. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 69 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling dengan menggunakan sampling jenuh. Pengujian hipotesis menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan aspek persepsi siswa tentang iklim sekolah, dan sikap siswa melalui motivasi belajar berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas IX SMP Negeri 09 Kotabumi Tahun Pelajaran 2015/2016.

Kata kunci:hasil belajar, iklim sekolah, motivasi, sikap

Full Text:

PDF

References


Anurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran Jakarta: Alfabeta.

Djaali, Cipta. 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, S, B dan Aswan Z. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Djamarah, S, B. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O.2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Moedjiarto. 2002. Sekolah Unggul. Jakarta: Duta Graha Pustaka.

Pidarta, M. 2005. Landasan Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sardiman, A.M. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Siregar,E. 2010 Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Supardi. 2013. Sekolah Efektif: Konsep Dasar dan Praktiknya. Jakarta: Raja Grafindo.

Winkel, WS. 2001. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F10714

Refbacks

  • There are currently no refbacks.