PENGARUH PENGALAMAN PRAKERIN, MOTIVASI KERJA, DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA
Abstract
This study aimed to determine whether there was an influence of prakerin experience (industry working practices), motivation to participate in the work, and productive learning achievement administrative offices on the readiness of the students' work. The method used in this research was descriptive method approach verification ex post facto and surveys. These results indicated that there are significant influence of: 1. Prakerin experience (Employment Practices Industry) against job readiness. 2. Motivation to participate in the work against job readiness 3. Productive learning achievement administrative offices on job readiness 4. Prakerin experience (Industrial Employment Practices), motivation to participate in the work, and productive learning achievement administrative offices on job readiness.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pengalaman prakerin (praktik kerja industri), motivasi memasuki dunia kerja, dan prestasi belajar produktif administrasi perkantoran terhadap kesiapan kerja siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, terdapat pengaruh: 1. Pengaruh pengalaman prakerin (Praktik Kerja Industri) terhadap kesiapan kerja. 2. Pengaruh motivasi memasuki dunia kerja terhadap kesiapan kerja 3. Pengaruh prestasi belajar produktif administrasi perkantoran terhadap kesiapan kerja 4. Pengaruh pengalaman prakerin (Praktik Kerja Industri), motivasi memasuki dunia kerja, dan prestasi belajar produktif administrasi perkantoran terhadap kesiapan kerja
Kata kunci: pengalaman prakerin, motivasi memasuki dunia kerja, prestasi belajar, kesiapan kerja.Full Text:
PDFReferences
Anoraga, Panji. 2009. Psikologi Kerja. Jakarta: Rineka Cipta.
Badan Pusat Statistik. 2014. Keadaan Ketenagakerjaan Agustus 2014. (diakses dari http://www.bps.go.id/download_file/IP_Agustus_2014.pdf Pada tanggal 25 Oktober 2015 pukul 19:19 WIB.
Chalpin J. P. 2006. Kamus Lengkap Psikologi (Terjemahan Kartini Kartono). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Dalyono. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Dikmenjur. 2008. Pedoman Pelaksanaan Prakerin. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Depdiknas.
Dirwanto. 2008. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesiapan Kerja Siswa SMK Maarif NU Kesesi Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2007/2008. Tesis. Universitas Sebelas Maret.
Hamalik, Oemar. 2007. Pengembangan SDM Pelatihan Ketenagakerjaan Pendidikan Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Mipalas, Yanuar.2012. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia,Pengaruh Pengalaman Praktik Industri Dan Prestasi Belajar Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK YPPK 2 Sleman Yogyakarta
Olivia, Femi. 2011. Tools For Study Skill (Teknik Ujian efektif). Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Prihantini, Yeni. 2014. Pengaruh Prestasi Belajar Akuntansi, Praktik Kerja Industri Dan Bimbingan Karir Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Program Keahlian Akuntansi SMK Muhammadiyah Karangmojo Tahun Ajaran 2014/2015. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Sari, Arief Norma. 2013. Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri dan Motivasi Memasuki Dunia Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII SMK Negeri 2 Jember Tahun Ajaran 2012/2013. Jember: Universitas Jember
Setiyawan, Irwan Dwis Hasta. 2013. Pengaruh Prestasi Belajar Kejuruan dan Praktik Kerja Industri Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Jurusan Teknik Pemesinan SMKN 3 Yogyakarta.Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sulistyarini, Emi Prabawati Dwi.2012.Pengaruh Motivasi Memasuki Dunia Kerja dan Pengalaman Praktik Kerja Industri Terhadap Kesiapan Kerja Peserta Didik Kelas XII Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Tempel Tahun Pelajaran 2011/2012. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Syah, Muhibbin. 2011. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Syaodih, Nana Sukmadinata. 2009. Landasan Psikologi dan Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F10712
Refbacks
- There are currently no refbacks.