HUBUNGAN ANTARA CARA BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR
Abstract
This research was aimed at finding the correlation between studys method and learning activity with result study of IPS in Junior High School 2 Sekampung. The population were 188 students with a total sample of 128 students which was determined by T. Yamane with probability sampling technique. The method used ex post facto. The data was found from observation, questionnaire , and documentation. Hypotesis testing was using t-test and F test. The result showed that: 1) there is a correlation between learning method and learning achievement of IPS; 2) there is a correlation between learning activity and learning result; 3) there is a correlation between learning method and learning activity with learning result of IPS
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan cara belajar dan aktivitas belajar dengan hasil belajar IPS SMP Negeri 2 Sekampung. Populasi berjumlah 188 siswa, sampel sebanyak 128 siswa yang ditentukan dengan T. Yamane dengan probability sampling. Metode yang digunakan adalah ex post facto. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Pengujian hipotesi menggunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada hubungan antara cara belajar dan prestasi belajar IPS; (2) Ada hubungan antara aktivitas belajar dan hasil belajar IPS ; (3) Ada hubungan antara cara belajar dan aktivitas belajar dengan hasil belajar IPS.
Kata Kunci: aktivitas, cara, hasil belajar
Full Text:
PDFReferences
Dalyono. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, SyaifulBahri. 2002. RahasiaSuksesBelajar. Jakarta: RinekaCipta.
Hakim, Thursan. 2005. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara.
Hamalik, Oemar. 2001. StrategiBelajarMengajar. Jakarta: BumiAksara
Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F10611
Refbacks
- There are currently no refbacks.