KETERAMPILAN SOSIAL YANG PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN SNOWBALL THROWING, TALKING STICK DAN TARI BAMBU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan keterampilan sosial antar siswa yang pembelajarannya menggunakan kooperatif tipe Snowball Throwing , Talking Stick dan Tari Bambu. Metode yang digunakan adalah penelitian komparatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi berjumlah 252 dan sampel 106 siswa dengan teknik cluster random sampling. Pengambilan data dengan dokumentasi dan observasi. Pengujian hipotesis menggunakan rumus analisis varians satu arah dan uji lanjut t-Dunnet. Hasil penelitian : (1) Ada perbedaan rata-rata keterampilan sosial siswa yang pembelajarannya menggunakan Snowball Throwing, Talking Stick dan Tari Bambu (2) Keterampilan sosial siswa yang pembelajarannya menggunakan Snowball Throwing lebih baik dibandingkan Talking Stick (3) Rata-rata Keterampilan sosial siswa yang pembelajarannya menggunakan Snowball Throwing lebih baik dibandingkan Tari Bambu (4) Rata-rata keterampilan sosial siswa yang pembelajarannya menggunakan Talking Stick lebih baik dibandingkan Tari Bambu.
Kata kunci: keterampilan sosial, model pembelajaran kooperatif snowball throwing, talking stick dan tari bambu.
Full Text:
PDFReferences
Huda, Miftahul. 2011. COOPERATIVE LEARNING: Metode, Tekhnik, Struktur, dan Model Terapan. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Jarolimek, j. 1993. Social Studies in Elementary Education. Mc Milan Publishing. New York.
Nopemberia, Nur Afni. 2010. Studi Perbandingan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick dan TExamples Non Examples Pada Siswa Kelas VI Semester Genap Di SD N Curup Patah Kec Gunung Labuhan Kab Way Kanan Tahun Ajaran 2009/2010.(Skripsi) Univesitas Lampung.Bandar Lampung
Maryani, Enok. 2011. Pengembangan Program Pembelajaran IPS untuk Peningkatan Keterampilan Sosial. Alfabeta. Bandung.
Maulina. 2010.Model Pembelajaran Talking Stick. (online). (http://deasymaulina.blogspot.com/2010/11/model-pembelajaran-talking-stick.html, diakses 26 januari 2014)
Sugiyono, 2005. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F10610
Refbacks
- There are currently no refbacks.