HASIL BELAJAR EKONOMI MODEL PROBING PROMPTING DAN TIME TOKEN MEMPERHATIKAN BENTUK TUGAS

Hair Vanny Palla, Edy Purnomo, Yon Rizal

Abstract



The purpose of this research was to know the difference of learning outcomes, the interaction of the use of cooperative learning model of Probing Prompting (PP) and Time Token (TT) type by considering the type of task. Research methodology used in this research was experiments with comparative approach. The experimental methods were divided into two, which is true experiment and quasi experiment. The methodology that was used in this research was quasi experiment. Data collection was done, by using test. The data which were collected by test of learning outcomes were analyzed by using SPSS program. Based on analysis of the data, it obtained the result that there is a difference in learning outcomes and the interaction of the use of cooperative learning model of Probing Prompting type and Time Token by considering the type of task.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar, interaksi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Probing Prompting (PP) dan Time Token (TT) dengan memperhatikan bentuk tugas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif. Metode eksperimen dibedakan menjadi dua, yaitu eksperimen murni (True Eksperimen) dan eksperimen semu (Quasi Eksperimen). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi eksperimen). Pengumpulan data dilakukan tes. Data yang terkumpul melalui tes hasil belajar diolah dengan program SPSS. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa ada perbedaan hasil belajar dan interaksi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe PP dan TT dengan memperhatikan bentuk tugas.

Kata kunci: hasil belajar, probing prompting, time token, tugas


| Abstract views: 127 | PDF views: 77

Full Text:

PDF

References


Mudjiono.2006. Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: Rineka Cipta.

Rusman. 2010. ModelModel Pembelajaran Mengembangkan ProfesionalismeGuru. Jakarta: Rajagrafindo.

Rusmono. 2014.Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learnig itu Perlu. Bogor: Ghalia Indonesia.

Soekartiwi. 2005. Meningkatkan Efektivitas Mengajar. Jakarta : Dunia pustaka raya

Sudarmonono. 2009. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

UU RI No. 20 tahun 2003. TentangSistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F10495

Refbacks

  • There are currently no refbacks.