HASIL BELAJAR IPS TERPADU MENGGUNAKAN TAG DAN MAM DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN AWAL

Ratna Dwi Astuti, Nurdin Nurdin, Yon Rizal

Abstract


The purpose of the study was to determine the differences in learning outcomes of students who use models of Take and Give and Make A Match by considering students' prior knowledge. The method used was quasi experiment method. The population were 160 students with a sample of 78 students (2 classes). Samples were taken using cluster random sampling. Data were analyzed using two ways and analysis of variants Two Independent Samples T - Test. The research results showed that there are differences in learning outcomes using models of take and give and make a match and there is interaction between models in early learning and prior knowledge analyzed in regression or in lines.

Tujuan dari penelitian untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model Take and Give dan Make A Match dengan memperhatikan kemampuan awal siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperien semu. Populasi berjumlah 160 siswa dengan sampel 78 siswa (2 kelas). Sampel diambil dengan menggunakan Cluster Random Sampling. Teknik analisis data menggunakan Analisis Varian Dua Jalan dan T Test Dua Sampel Independen.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar yang menggunakan model take and give dan make a match dan terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal siswa yang dianalisis secara regresi maupun secara jalur.

Kata kunci: hasil belajar, kemampuan awal, make a match, take and give.


| Abstract views: 80 | PDF views: 34

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta

Djamarah, dkk. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rhineka Cipta

Huda, Miftahul.2013.Model Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta. Pustaka Belajar.

Kasworo dan Mularsih,H.2012. Belajar dan Pembelajaran Serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Meilani.2015. Studi Perbandingan Hasil Belajar IPS Terpadu Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning dengan memperhatikan kemampuan awal pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Batanghari Nuban Tahun Ajaran 2014/2015. Bandar Lampung. Universitas Lampung

Rismawati.2012.Studi Perbandingan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Melalui Praktik Bukti Transaksi dan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan memperhatikan kemampuan awal siswa kelas XI IPS SMA 5 Metro tahun pelajaran 2011/2012.Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Robber dan Syah.2006.Psikologi Belajar. Raja Grafindo persada: Jakarta

Septiana.2013.Penggunaan Tipe Take and Give untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Lingkungan Hidup Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Way Tenong Lampung Barat Tahun Pelajaran 2012/2013.Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rhineka Cipta

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bumi Aksara: Jakarta.

Suparno, Paul. 2001. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Undang Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003.Sistem Pendidikan Nasional, (Online), (http//www.depdiknas.go.id./UU RI No.20?2003-Sistem Pendidikan Nasional, html, diakses 30 januari 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F10419

Refbacks

  • There are currently no refbacks.