HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL GI DAN PBL MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF

Ika Puspita Sari, Tedi Rusman, Yon Rizal

Abstract


The purpose of this research was to know the difference of learning outcomes, the interaction of the use of cooperative learning model of GI and PBL type by considering the ability to think creatively. Research methodology used in this research was experiments with comparative approach. The experimental methods were divided into two, which is true experiment and quasi experiment. The methodology that was used in this research was quasi experiment. Data collection was done by using questionairre and documentation. The data which were collected through questionairre and learning outcomes were analyzed by using SPSS program. Based on analysis of the data, it obtained the result that there is a difference in learning outcomes and the interaction of the use of cooperative learning model of GI type and PBL by considering the ability to think creatively.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar, interaksi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe GI dan PBL dengan memperhatikan kemampuan berpikir kreatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif. Metode eksperimen dibedakan menjadi dua, yaitu eksperimen murni (True Eksperimen) dan eksperimen semu (Quasi Eksperimen). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi eksperimen). Pengumpulan data dilakukan, angket, dan dokumentasi. Data yang terkumpul melalui angket dan hasil belajar diolah dengan program SPSS. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa ada perbedaan hasil belajar dan interaksi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe GI dan PBL dengan memperhatikan kemampuan berpikir kreatif.

Kata kunci: berpikir kreatif, hasil belajar, GI, PBL

Full Text:

PDF

References


Hamalik, Oemar, 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Rusman. 2010. Model Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajagrafindo.

Rusman. 2014. Model Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajagrafindo

Sudarmono. 2009. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

UU no 20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F10307

Refbacks

  • There are currently no refbacks.