HASIL BELAJAR IPS MODEL NHT DAN GI DENGAN MEMPERHATIKAN MOTIVASI BERPRESTASI

Meli Susanti, Yon Rizal, Tedi Rusman

Abstract


The purpose of this research was to know the difference of the learning of results social, the interaction the use of learning model NHT ang GI type by considering the motivation achievement. Research methodology used in this research experiments with comparative approach. Methods used in this research was quasi experiment. The data collection was done, by using questionairre, and documentation. The data collected through questionairre and learning result were analyzed by using SPSS program. Based on analysis of the data, it obtained the result that there is a difference in study results and interaction of the cooperatif learning model NHT dan GI type by considering the motivation achievement.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS, interaksi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan GI dengan memperhatikan motivasi berprestasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi eksperimen). Pengumpulan data dilakukan, angket, dan dokumentasi. Data yang terkumpul melalui angket dan hasil belajar diolah dengan program SPSS. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa ada perbedaan hasil belajar dan interaksi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan GI dengan memperhatikan motivasi berprestasi.

Kata kunci: hasil belajar, GI, NHT, motivasi berprestasi

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2007. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djaali. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Djamarah, S. B dan Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Huda. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sudjana, Djudju. 2006. Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F10305

Refbacks

  • There are currently no refbacks.