EFEKTIVITAS MODEL CTL DAN VCT GUNA MENINGKATKAN MQ DENGAN MEMPERHATIKAN SQ
Abstract
This research was based on low moral intelligence in social knowledge of grade VII in even semester at SMP N 1 Natar. This purpose of this research was to compare which one is more effective between CTL and VCT model to increase moral intelligence by observing spiritual intelligence of students. Results of the data analysis showed (1) There is a differences between student that who used CTL model and student who were taught by VCT model, (2) The students who study with CTL model, their moral intelligence is higher than students who study with VCT model, especially at student that have high spiritual intelligence, (3) Student who study with CTL model, their moral intelligence is lower than student who study with VCT model,especially at student that have low spiritual intelligence, (4) There is an interaction factor between learning model with spiritual intelligence toward moral intelligence of student.
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kecerdasan moral siswa dalam mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII Semester genap SMP N 1 Natar. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan mana yang lebih efektif antara model pembelajaran CTL dan model pembelajaran VCT untuk meningkatkan kecerdasan moral dengan memperhatikan kecerdasan spiritual yang dimiliki siswa. Data menunjukan (1) ada perbedaan kecerdasan moral siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran CTL dan siswa yang diajar menggunakan model VCT, (2) kecerdasan moral siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran CTL lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran VCT pada siswa yang memiliki kecerdasan spiritual tinggi, (3) kecerdasan moral siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran CTL lebih rendah dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran VCT pada siswa yang memiliki kecerdasan spiritual rendah, (4) ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan kecerdasan spiritual terhadap kecerdasan moral siswa.
Kata kunci: kecerdasan moral, kecerdasan spiritual, model pembelajaran, CTL dan VCT.
Full Text:
PDFReferences
Liana,E M. 2015. Studi Perbandingan Kecerdasan Moral dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script dan Model Pembelajaran Rolle Playing dengan Memperhatikan Kecerdasan Spiritual (SQ) Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Siswa Kelas VIII SMP Sejahtera Bandar Lampung Tahun Ajaran 2014 / 2015. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Ratnanda, Al. 2010. Pengaruh Lingkungan Pergaulan Terhadap Kecerdasan Moral Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Karanganyar Tahun Ajaran 2010/2011. Tersedia: http://library.uns.ac.id/digilib/dokumen/abstrak/18408/ diakses pukul 09.44 tanggal 22 April 2015.
Sagala, Syaiful. 2003. Konsep dan makna pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Sjarkawi. 2011. PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ANAK Peran Moral, Intelektual, Emosional, dan Sosial Sebagai Wujud Integritas Membangun Jati Diri. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N.S. 2007. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
Supriyatna, Nana dkk. (2009). Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press.
Syamsi. 2014. Studi Perbandingan Moralitas Siswa Antara Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Dan Student Team Achievement Divisions (STAD) Dengan Memperhatikan Sikap Terhadap Pelajaran IPS. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Undang-Undang RI No. 20.2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara.
Wibowo, Andi. 2011. Pengaruh Pendidikan Akhlaq Terhadap Pembentukan Kecerdasan Spiritual Siswa MTS NU Salatiga Tahun Ajaran 2010/2011. Tersedia: http://perpus.iainsalatiga.ac.id/detailDocDig.php?id=860 diakses pukul 09.44 tanggal 22 April 2015.
Zohar, Danah dan Ian Marshall. 2001. SQ, Memanfaatkan Kecerdasan Spiritual dalam Berfikir Integralistik dan Holistik untuk Memaknai Kehidupan. Bandung: Mizan.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F10065
Refbacks
- There are currently no refbacks.