PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA

Mei Triani, Berti Yolida, Rini Rita T Marpaung

Abstract


The purpose of this research was to find out the influence of guided inquiry model to learning outcomes and students generic science skill on ecosystem subject matter. The samples were students of X3 and X7 SMAN 1 Seputih Banyak by Purposive Sampling technique. Design of this research was control group non equivalent. The learning outcomes data and generic skill were analyzed using t-test and U-test. The qualitative data consist of generic skill observation and student responses that were analyzed descriptively. Generic science skill average of experiment (67,83) class was higher than control class (47,89). The increasing of generic science skill in indicator of observation, formed the concept and simbolic language was followed by learning outcomes with N-gain average of experiment class was 66,70 and control class was 45,55. Based on this research ,it can be concluded that guided inquiry model gave significant influence to the improvment of learning outcomes and students generic science skill of ecosystem subject matter.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan keterampilan generik sains (KGS) siswa materi pokok Ekosistem. Sampel adalah kelas X3 dan X7 di SMAN 1 Seputih Banyak dengan teknik Purposive sampling. Desain penelitian ini kelompok kontrol non-ekuivalen. Data hasil belajar dan KGS siswa dianalisis menggunakan uji-t dan uji U. Data kualitatif berupa data hasil observasi KGS dan tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Rata-rata KGS siswa kelas eksperimen (67,83) lebih tinggi dari kelas kontrol (47,89). Meningkatnya KGS pada indikator pengamatan langsung, membangun konsep dan bahasa simbolik diikuti dengan meningkatnya hasil belajar dengan rata-rata N-gain kelas eksperimen 66,70 dan kelas kontrol 45,55. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model inkuiri terbimbing berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar dan KGS siswa materi Ekosistem.

Kata kunci: ekosistem, hasil belajar , inkuiri terbimbing, keterampilan generik sains


Full Text:

PDF

References


Bilgin, I. 2009. The effects of guided inquiry instruction incorporating a cooperative learning approach on university students achievement of acid and bases concepts and attitude toward guided inquiry instruction. Scientific Research and Essay Vol.4 (10), pp. 1038-1046, (Online), (http://www.academicjournals.org/sre ISSN 1992-2248 2009 Academic Journals. Diakses pada Senin 5 Januari 2015 20:00 WIB).

BSNP. 2006. Panduan Penilaian Kelompok Mata Pelajarn Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Jakarta: Depdiknas.

Daniah, N. 2012. Pembelajaran Biologi Berbasn Hands On Activity untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Siswa pada Materi Ekosistem di SMA Negeri 1 Dukupuntang Skripsi. Cirebon. IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Eggen, P. dan D. Kauchak. 2012. Strategi Model Pembelajaran Edisi Keenam. Jakarta: Indeks.

Liliasari. 2007. Scientific Concept and Generic Science Skill Relationship in The 21th Century Science Education. Makalah Seminar Internasional Pendidikan IPA ke-1 SPs. Bandung:UPI.

Prawiradilaga, D. S. 2009. Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Ruseffendi, E.T. 1994. Dasar-dasar Penelitian Penddikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. I Semarang: KIP Semarang Press.

Slameto. 2003. Belajar dan FaktorFaktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Syah, M. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Trianto. 2007. Model-Model Pembelaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Akademik.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


##submission.copyrightStatement##



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.