PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NHT TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI OLEH SISWA

Sri Wirahayu, Tri Jalmo, Berti Yolida

Abstract


This research was aimed to know the influence of using NHT model in improving student learning activity and material mastery. The research design was pretest-post test non equivalent group. The research samples were XI IPA1 and XI IPA2 was chosen by purposive sampling. The qualitative data were gotten by student learning activity observation sheet and student responses questionnaire, that were analyzed descriptively. The quantitative data was the test value average, that was analyzed by t-test and U-test. The result showed that the learning activity average improved by well criteria (78.89) with each percentage were forming groups (92.22), give ideas or opinions (83.33), answer questions (77.78), and responding answers (62.22). The material mastery improve with N-gain average score (63.16). The most of student also responded positively to the NHT model application. Thus, the using of NHT model was influenced to improve the student learning activity and material mastery of immune system significantly.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model NHT dalam meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan materi oleh siswa. Desain penelitian adalah pretes-postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA1 dan XI IPA2 yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data kualitatif diperoleh dari lembar observasi aktivitas belajar dan angket tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif berupa rata-rata nilai tes yang dianalisis dengan uji-t dan uji-U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas belajar meningkat dengan kriteria baik (78,89), dengan persentase masing-masing yaitu membentuk kelompok (92,22), memberikan ide/pendapat (83,33), menjawab pertanyaan (77,78), dan menanggapi jawaban (62,22). Penguasaan materi meningkat dengan rata-rata N-gain (63,16). Sebagian besar siswa juga memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model NHT. Dengan demikian, penggunaan model NHT berpengaruh dalam meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan materi sistem pertahanan tubuh secara signifikan.

 

 

Kata kunci: aktivitas belajar, model pembelajaran NHT, penguasaan materi, sistem pertahanan tubuh


Full Text:

PDF

References


Arbi, Z. 2006. Penerapan Pembelajaran Tipe Kepala Bernomor terhadap Aktivitas dan Penguasaan Konsep Sistem Ekskresi Manusia pada Siswa Kelas VIII di MTs Negeri 2 Bandar Lampung Tahun pelajaran 2005/2006. (Skripsi). Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003Tentang Sistem Pendidikan Nasional. www.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2012/10/UU20-2003-Sisdiknas.pdf. (20 Februari 2013, 14.45 WIB).

Erika. 2011. Pengaruh Media Audio-Visual melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap Aktivitas dan Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Pokok Pencemaran Lingkungan. (Skripsi). Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Hamalik, O. 2004. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta.

Hertiavi, M. A., Langlang, H., dan Khanafiyah, S. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe jigsaw Untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Lie, A. 2008. Mempraktikkan Cooperatif Learning di Ruang-ruang Kelas. Gramedia. Jakarta.

Nur, M. 2005. Pembelajaran Kooperatif. Depdiknas Ditjen Dikdasmen LPMP. Jawa Timur.

Riyanto, Y. 2001. Metodologi Pendidikan. SIC. Jakarta.

Sardiman, A.M. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. PT Rineka Cipta. Jakarta.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.