PENGARUH METODE DISKUSI MELALUI MEDIA GAMBAR TERHADAP AKTIVITAS DAN PENGUASAAN MATERI

Hutriazka Hutriazka, Arwin Achmad, Rini Rita. T Marpaung

Abstract


The objective of this research was to know the influence of discussion method using pictures toward students’ learning activities and subject mastery. The research design was a non equivalent pretest-posttest. Samples were students in the class X.B and X.C that were selected by random cluster sampling. This research data were in the form of quantitative and qualitative data. Quantitative data obtained from the average value of pretest, posttest, and N-gain, which were statistically analyzed using t-test by SPSS 17. The qualitative data obtained from students’ learning activities observation sheets. The results shows that the students’ learning activities increased 16.41%. The material mastery also increase with the N-gain average was 46.66. It means that using discussion method impact the students’ activities and material mastery.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode diskusi melalui media gambar terhadap aktivitas dan penguasaan materi. Desain penelitian ini adalah pretes postes non-equivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X.B dan X.C yang dipilih secara cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif.  Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain, yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t melalui program SPSS 17. Data kualitatif diperoleh dari lembar obsevasi aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menggunakan menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 16,41%. Penguasaan materi  mengalami peningkatan dengan rata-rata N-gain 46,66. Hal ini berarti, bahwa penggunaan metode diskusi melalui media gambar berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas dan penguasaan materi.

 

Kata kunci  :  aktivitas belajar, keanekaragaman hayati, media gambar, metode diskusi, penguasaan materi


Full Text:

PDF

References


Arsyad. 2007. Media Pengajaran. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta

BSNP. 2007. Panduan Penilaian Kelompok Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Hadjar, I. 1999. Dasar-dasar Metodelogi Penelitian Kwantitatif dalam Pendidikan. Raja Grasindo. Jakarta.

Hamalik, O. 2004. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta.

Nursidik,Y. 2008.Metode Diskusi Pembelajaran.http://yahya.metode belajar.com.//akses 30 oktober 2010.

Sadiman, A.S. 1996. Media pendidikan. CV Rajawali. Jakarta.

Slameto. 2010. Proses Belajar Mengajar Dalam Sistem Kredit Semester. Bumi Aksara. Jakarta.

Slavin, R.E. 2008. Cooperatif Learning : Teori, Riset dan Praktek. Nusa Media. Bandung.

Subana, M. dan Sunarti. 1998. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Pustaka Setia. Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.