PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA

Retna Ayu Utari, Pramudiyanti Pramudiyanti, Berti Yolida

Abstract


This research was intended to increase activity and the students’ comprehension. The design of the research was pretest-posttest group design. The sample of this research was the students of VIIA and VIIclass which was chosen by cluster random sampling. The qualitative data was a description of students’ learning activity and questionnaire of students’ response. The quantitative data was gained by the average of result test which was analyzed using T-Test and U-Test. The result showed that there was an increasing of students’ activity with the average percentage of the observed  of 85.41%. Students’ comprehension also had an increasing with the average of pretest (47.34); posttest (53.90); and N-gain (12.45). The result of data analysis showed that N-gain of students’ comprehension in every indicator was 22.57 in C1 and 3.65 in C2. Therefore, the use of examples non examples teaching model was increasing of students’ learning activity and students’ comprehension.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan konsep oleh siswa Desain penelitian ini adalah pretest-posttest group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIA dan VII yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Data kualitatif berupa deskripsi aktivitas belajar dan angket tanggapan siswa. Data kuantitatif diperoleh dari nilai tes yang di analisis menggunakan uji-t dan uji U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatkan aktivitas belajar siswa dengan persentase rata-rata aktivitas yang diamati sebesar 85,41%. Penguasaan konsep juga mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai pretes (47,34); postes (53,90); dan N-gain (12,45). Hasil analisis 22,57 untuk C1 dan 3,65 untuk C2. dengan menunjukan bahwa N-gain pada penguasaan konsep siswa. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model pembelajaran examples non examples meningkatkan aktivitas dan penguasaan konsep siswa.

Kata kunci: aktivitas belajar, model pembelajaran examples non examples, penguasaan konsep


Full Text:

PDF

References


Amri, S dan I.K, Ahmadi. 2010. Kontruksi Pengembangan Pembelajaran. Prestasi Pustaka Karya. Jakarta.

Arsyad, A. 2007. Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Daryanto. 2009. Panduan Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Publisher. Jakarta.

Dianawati, D.N. 2011. Peningkatan Pembelajaran Matematika Menghitung Luas Bangun Datar Melalui Model Pembelajaran Example Non Example Pada Siswa Kelas IV SDN Selokajang 01 Kabupaten Blitar. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/KSDP/article/view/17181 . (10 November 2012: 10.37 WIB).

Eggen, P dan D, Kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Penerjemah: Satrio wahono. Indeks Permata Puri Media. Jakarta.

Fikri, D.F. 2012. Penerapan pembelajaran kooperatif model Examples Non Examples untuk meningkatkan hasil belajar IPS Geografi siswa kelas VII MTS Miftahul Ulum Dampit Kabupaten Malang pada materi Hidrosfer. Universitas Malang : Malang. http://library.um.ac.id/ptk/index.php?mod=detail&id=57132 (1 Mei 2013: 20.23 WIB).

Hamalik, O. 2009. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta.

Hamalik, O. 2004. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Bumi Aksara. Jakarta.

Hamzah, B. 2009. Model Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta.

Kurniawan, A. 2011. Penerapan Metode Pembelajaran Examples Non Examples Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas VI Semester II Di SD Negeri Purana UPPK Bantarbolang Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2010-2011. http://sirakbarkurniawan.blogspot.com/2011/01/penerapan-metode-pembelajaran-examples_15.html (04 Februari 2013: 20:25).

Kusumah, W. 2007. Model Pembelajaran Example Non Examples. http://gurupkn.wordpress.com/2007/11/10/model-examples-non-examples/ (10 November 2012: 21.57 WIB).

Margono, S. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta.

Rohani, A. 2004. Pengelolaan Pengajaran . Rineka Cipta. Jakarta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Suratno, M. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Mas Media Buana Pustaka. Sidoarjo.

Trianto. 2010. Model pembelajaran Terpadu. Bumi Aksara. Jakarta.

Prawiradilaga, D.S. 2009. Prinsip Disain Pembelajaran. Kencana. Jakarta.

Wahyuningsih, E. 2008. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power Of Two Dan Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Aktivitas Siswa. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah: Surakarta. http://etd.eprints.ums.ac.id/2033/ (30 November 2012: 07.25 WIB).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.