PENGARUH PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP PENGUASAAN MATERI DAN AKTIVITAS SISWA

Agus Irawan, Pramudiyanti Pramudiyanti, Rini Rita T. Marpaung

Abstract


The purpose of this study was to determine the effectivity of the cooperative learning STAD type  to improve mastery of the material and activity of the SMP Negeri 2 Tegineneng students. The study design was a pretest-posttest non equivalent. Sample were the class VIIA and VIIB that selected by cluster random sampling technique. The qualitative data obtained from the observation sheets. Quantitative data was the mastery of the material obtained from pretest and posttest. Data analysis of student activity using student activity index, whereas mastery of the material using the Mann-Whitney U test using SPSS 17. The results on the experimental class showed that a STAD model could be affect in activity and mastery of materials, it was increasing in all aspect every meeting. Thus, the STAD model can increase the activity and mastery of the subject matter of the organism characteristics  by the SMP Negeri 2 Tegineneng students.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan penguasaan materi dan aktivitas siswa SMP Negeri 2 Tegineneng. Desain penelitian ini adalah pretes-postes tak ekuivalen. Sampel adalah siswa kelas VIIA dan VIIC yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data kualitatif diperoleh dari lembar observasi. Data kuantitatif yaitu penguasaan materi diperoleh dari pretes dan postes. Analisis data aktivitas siswa menggunakan indeks aktivitas siswa, sedangkan penguasaan materi menggunakan Uji Mann-Whitney U dengan program SPSS 17. Hasil penelitian pada kelas eksperimen menunjukkan model STAD berpengaruh terhadap aktivitas dan penguasaan materi, yaitu adanya peningkatan setiap aspek pada setiap pertemuannya. Dengan demikian, model STAD dapat meningkatkan aktivitas dan penguasaan materi pokok ciri-ciri makhluk hidup oleh siswa SMP Negeri 2 Tegineneng.

Kata kunci : aktivitas siswa, ciri-ciri makhluk hidup, penguasaan materi, STAD


Full Text:

PDF

References


BSNP. 2006. Panduan Penilaian Kelompok Mata Pelajarn Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Djamrah, S.B. 2002. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta. Rineka Cipta.

Hadjar. 1999. Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kwantitatif dalam Pendidikan. Grasindo. Jakarta.

Hartatik. 2006. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Ibrahim, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Universitas Negeri Surabaya. Surabaya.

Lie, A. 2008. Cooperative Learning. PT Grasindo. Jakarta.

Loranz, D. 2008. Gain Skor. Google.http://www.tmcc.edu./vp/acstu/assasment/downloads/documents/reports/archives/discipline/0708/SLOAPHYSDisiplineRep0708.pdf.23 Agustus 20011: 11.45.

Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Panduan Praktis). Remaja Rodaskarya: Jakarta.

Sari, A.Y. 2007. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa. (Skripsi). UNILA. Bandar Lampung.

Slavin, R.E. 1995. Cooperative Learning ( Theory, Research and Practice) Second Edition. Allyn and Bacon. Boston. Sudjana, N dan Rivai, A. 2010. Media Pembelajaran. Sinar Baru Algesindo: Bandung.

Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Eka Cipta. Yogjakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.