Hubungan Penggunaan E-Learning terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa di SMPN 31 Pekanbaru pada Mata Pelajaran IPA Biologi Tahun Ajaran 2020/2021
Abstract
This study is a correlation study that aims to determine the relationship between the use of e-learning on UTS cognitive learning outcomes of students. This research is quantitative research with correlation method. The sampling technique in this study used the Simple Random Sampling technique with a total sample of 125 students. Students' cognitive learning outcomes are included in the medium category, which is 53.6%. The results of the data analysis of the correlation coefficient (rcount) of 0.24 with a significance level of 5% have a correlation in the low category. The results of the analysis of the determination of the variable use of e-learning (X) it gave a positive contribution to the learning outcomes (Y) obtained by students was 5.76% while 94.24% was determined by other factors not discussed in this study. The results of this study indicate that there is a relationship between the use of e-learning on students' cognitive learning outcomes with a low category.
Penelitian ini adalah penelitian korelasi yang bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan e-learning terhadap hasil belajar kognitif IPA siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 125 siswa. Hasil belajar kognitif siswa termasuk dalam kategori sedang, yaitu sebesar 53,6%. Hasil analisis data koefisien korelasi diperoleh (rhitung) sebesar 0,24 dengan taraf signifikasi 5% memiliki korelasi dalam kategori rendah. Penggunaan e-learning (X) memberikan sumbangan yang positif terhadap hasil belajar (Y) yang diperoleh siswa sebesar 5,76% sedangkan 94,24% ditentukan oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan penggunaan e-learning terhadap hasil belajar kognitif dengan kategori rendah.
Kata kunci: hasil belajar kognitif, penggunaan e-learning, Whatsapp
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amal, Bakhrul Khair. 2019. “Pembelajaran Blended Learning Melalui Whatsapp Group (Wag).” Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan 3:700–702.
Ananda, Rusydi, and Muhammad Fadhli. 2018. Statistik Pendidikan. Medan: CV. Widya Puspita.
Anisa, and Ernawati. 2020. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Hasil Belajar.” Binomial 3(1):39–48.
Anshori, Sodiq. 2018. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran.” Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya 2(1):88–100.
Baktiyar, Yusuf, Afif Afghohani, and Isna Farahsanti. 2020. “Hubungan Pembelajaran Berbasis E-Learning Menggunakan Aplikasi Google Classroom Dengan Prestasi Belajar Matematika.” Aksioma: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 11(2):267–73.
Dwija, Wayan. 2020. Metodologi Penelitian Pendidikan. Denpasar: Yayasan Gandhi Puri.
Gunawan, Ni Made Yeni Suranti, and Fathoroni. 2020. “Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers during the COVID-19 Pandemic Period.” 1(2):61–70.
Hilmiatussadiah, Kinanti Geminastiti. 2020. “Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Dengan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia 1(2):66–69.
Kurniawan, Budi, Ono Wiharna, and Tatang Permana. 2017. “Studi Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif.” Journal of Mechanical Engineering Education 4(2):156–62. doi: 10.17509/jmee.v4i2.9627.
Nofatin, Sulistyarini, and Sri Buwono. 2019. “Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa 8(9).
Riduwan. 2015. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan Dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Sudijono, Anas. 2018. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Umah, Siti Maspupatul, and Chodidjah Makarim. 2018. “Hubungan Pemanfaatan Media Sosial Dengan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.” Annual Conference on Madrasah Studies 1(1):254–61.
Warsitasari, Wahyu Dwi, and Rendra Erdkhadifa. 2021. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Mata Kuliah Basic Hitung Musim Pandemi Covid-19.” Prosiding Pendidikan Matematika Dan Matematika 3:1–11.
Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.